PENGARUH PARTISIPASI MASYARAKAT, TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS TERHADAP KINERJA PENGELOLAAN KEUANGAN DESA DI BENGKULU UTARA

Pranata, Ari and Halimatusyadiah, Halimatusyadiah and Baihaqi, Baihaqi (2024) PENGARUH PARTISIPASI MASYARAKAT, TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS TERHADAP KINERJA PENGELOLAAN KEUANGAN DESA DI BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI ARI PRANATA wisuda-1 - Ari Pranata.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh partisipasi masyarakat, transparansi dan akuntabilitas terhadap kinerja pengelolaan keuangan desa di bengkulu utara. Penelitian ini dilakukan pada seluruh desa di kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu teknik pengambilan sampel yaitu Purposive sampling (sensus) yang mana seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada pengelola pemerintahan desa yang berada desa desa kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu dengan sampel sebanyak 45 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS versi 28. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) partisipasi masyarakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan keuanagan desa. (2) transparansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan keuanagan desa. (3) akuntabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan keuanagan desa. Implikasi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 3 variabel yang mengkonfirmasi atau mendukung teori stewardship. Penelitian ini membuktikan bahwa partisipasi masyarakat, transparansi, dan akuntabilitas saling berhubungan dan berpengaruh positif terhadap pengelolaan keuangan desa sebagai steward wajib mengelola keuangan secara partisipatif , transparan, dan akuntabel maka pengelolaan keuangan desa akan menjadi lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan, dan kesimpulan serta pertimbangan masih adanya keterbatasan dalam penelitian ini, maka saran dalam penelitian ini adalah melakukan kajian teoritis yang lebih mendalam dan mengembangkan penelitian ini melalui penambahan penambahan variabel yang diduga dapat mempengaruhi pengelolaan dana desa, sehingga diharapkan di penelitian selanjutnya dapat memberikan penjelasan yang lebih rinci terkait dengan faktor faktor yang dapat mempengaruhi pengeloaan dana desa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 22 Aug 2024 08:36
Last Modified: 23 Aug 2024 09:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20428

Actions (login required)

View Item View Item