Kenny, Juppita and Irnad, Irnad and Basuki, Sigit Priyono (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TAHAPAN KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI BUAH NAGA MERAH DI PASAR MODERN KOTA BENGKULU (STUDI KASUS : HYPERMART DI KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
SKRIPSI KENNY JUPPITA_ E1D016106 - Keken Lee.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Dari macam-macam jenis buah yang sering dikonsumsi, buah naga merupakan salah satu jenis buah yang banyak peminatnya. Buah naga sangat cocok dikonsumsi untuk orang yang tinggal di daerah yang beriklim tropis. Buah naga mempunyai hasiat pencegah kanker usus, penyeimbang kadar gula darah, melindungi kesehatan mulut, mencegah pendarahan dan obat keputihan. Buah naga dapat dijumpai di mana saja, terutama di pasar konvensional maupun modern. Pasar konvensional merupakan tempat transaksi beberapa pedagang tetap dan tidak tetap yang berkumpul pada suatu ruangan terbuka, tertutup atau sebagian badan jalan. Adapun pasar modern yaitu tempat penjualan barang dan jasa dari berbagai macam produk dalam satu ruangan yang menganut operasi swalayan (pelayanan sendiri), volume barang tinggi, laba yang sedikit, biaya rendah. Salah satu pasar modern adalah Hypermart. Hypermart merupakan salah badan usaha pemasaran (ritel) modern yang menawarkan berbagai macam barang kebutuhan rumah tangga mulai dari peralatan rumah tangga, alat-alat elektronik sampai aneka bahan makanan. Hypermart didirikan oleh dan menjadi bagian dari PT Hero Supermarket Tbk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor apa saja yang berhubungan dengan keputusan konsumen dalam membeli buah naga merah di Hypermart kota Bengkulu. Mencari tahu tentang karakteristik konsumen yang membeli buah naga merah di Hypermart kota Bengkulu. Pengambilan data dilakukan pada 100 orang responden yang membeli buah naga merah dengan cara observasi dan kuesioner. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui faktor apa saja yang berhubungan dengan keputusan pembelian yaitu menggunakan korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukan usia konsumen yang membeli buah naga merah di Hypermart berada dalam kelompok usia 21 – 30 tahun (dewasa awal) dengan rata-rata pembeli merupakan perempuan dengan pendidikan akhir SLTA/sederajat yang merupakan pelajar/mahasiswa. Pendapatan rata-rata konsumen berada di atas Rp. 3.500.000/bulan yang merupakan penghasilan sendiri atau dari orang tua. Mayoritas konsumen yang membeli buah naga merah di Hypermart memiliki jumlah anggota keluarga paling banyak 4 orang. Hubungan antara usia dengan keputusan pembelian tidak berkorelasi (korelasi lemah) dan berlawanan arah begitu juga hubungan antara pendidikan, pendapatan dan jumlah anggota keluarga dengan keputusan pembelian. Hubungan antara persepsi terhadap harga, kualitas dan lokasi terhadap keputusan pembelian berkorelasi sedang dan searah. Sedangkan hubungan antara persepsi terhadap promosi dengan keputusan pembelian berkorelasi kuat dan searah. Kata Kunci : Buah Naga Merah, Tahapan Keputusan Pembelian, Hypermart
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness |
Depositing User: | Sugiarti, S.IPust |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 08:35 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 08:35 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20429 |
Actions (login required)
View Item |