PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, AKUNTABILITAS DAN KOMPETENSI APARATUR DESA TERHADAP PENCEGAHAN KECURANGAN (FRAUD) DALAM PENGELOLAAN DANA DESA (Studi Empiris Pada Pemerintahan Desa Di Kabupaten Bengkulu Tengah)

Invillea Emilta, Bouga and Halimatusyadiah, Halimatusyadiah and Isma, Coryanata (2024) PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, AKUNTABILITAS DAN KOMPETENSI APARATUR DESA TERHADAP PENCEGAHAN KECURANGAN (FRAUD) DALAM PENGELOLAAN DANA DESA (Studi Empiris Pada Pemerintahan Desa Di Kabupaten Bengkulu Tengah). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI BOUGA INVILLEA EMILTA C1C018084-1 - Bouga Invillea Emilta.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Pemerintah pusat mengucurkan dana yang cukup besar agar kegiatan pemerintah desa dapat berjalan dengan lancar. Peningkatan dana desa, tidak terlepas dari adanya kasus penyalah-gunaan atau kecurangan dana desa, umumnya kecurangan dana desa dilakukan dalam bentuk korupsi. Pencegahan kecurangan merupakan suatu tindakan atau upaya untuk menghindari tindak kecurangan yang sifatnya dapat merugikan suatu organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sistem pengendalian internal, akuntabilitas dan kompetensi aparatur desa terhadap pencegahan kecurangan dalam pengelolaan dana desa. Penelitian dilakukan di tiga desa yang berada di kabupaten Bengkulu Tengah yaitu kecamatan Pagar Jati, kecamatan Pematang Tiga dan kecamatan Pondok Kelapa. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode convenience sampling berdasarkan kemudahan dengan jumlah sampel sebanyak 36 desa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden (Bendahara Desa dan Badan Permusyawaratan Desa) sebanyak 72 responden. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal, akuntabilitas, dan kompetensi aparatur desa berpengaruh positif dan signifikan terhadap pencegahan kecurangan dalam pengelolaan dana desa. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh variabel memberikan dukungan terkait teori stewardship, dimana masyarakat (principal) mempercayakan pemerintah (steward) untuk mengelola dana desa. Sistem pengendalian internal, akuntabilitas dan kompetensi aparatur desa yang baik dapat meningkatkan pencegahan kecurangan dalam pengelolaan dana desa. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dan menjadi referensi atau masukan bagi perangkat desa dalam meningkatkan pencegahan kecurangan dalam pengelolaan dana desa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada peneliti selanjutnya agar dapat menambahkan sampel pada penelitian ini yaitu memperbanyak objek penelitian di seluruh desa di kabupaten Bengkulu Tengah agar hasil penelitian dapat lebih maksimal

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 22 Aug 2024 08:43
Last Modified: 23 Aug 2024 09:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20432

Actions (login required)

View Item View Item