ANALISIS EFISIENSI ALOKATIF USAHATANI PADA SAWAH PADI LUAS LAHAN YANG BERBEDA (Studi Kasus Di Kecamatan Lungkang Kule Kabupaten Kaur)

Novi, Julia Putri and Sriyoto, Sriyoto and Ellys, Yuliarti (2023) ANALISIS EFISIENSI ALOKATIF USAHATANI PADA SAWAH PADI LUAS LAHAN YANG BERBEDA (Studi Kasus Di Kecamatan Lungkang Kule Kabupaten Kaur). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI NOVI JULIA PUTRI BEBAS PUSTAKA - Novi Julia Putri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Peningkatan kebutuhan beras harus diimbangi dengan upaya peningkatan produksi padi. Kabupaten Kaur memiliki luas lahan persawahan sebesar 1144 ha. Luas lahan persawahan ini memiliki luas yang berbeda-beda. usahatani padi sawah pada luas lahan yang berbeda untuk lahan sempit, lahan sedang, dan lahan luas Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi produksi usahatani padi sawah pada luas lahan yang berbeda di Kecamatan Lungkang Kule Kabupaten Kaur dan menganalisis tingkst efisiensi alokatif input faktor produksi padi sawah pada luas lahan yang berbeda di Kecamatan Lungkang Kule Kabupaten Kaur. Penelitian ini di lakukan pada tanggal 21 Desember sampai 21 Oktober 2021 di Kecamatan Lungkang Kule Kabupaten Kaur. Dengan jumlah responden 51 responden untuk lahan sempit, 38 orang untuk lahan sedang dan 38 orang untuk lahan luas pengambilan sampel dilakukan dengan cara stratified random sampling ( pengambilan sampel secara acak berstrata). Metode penelitian yang digunakan adalah fungsi cobb douglass, alokatif dan uji-T. Hasil penelitian menjukan bahwa faktor produksi pada penelitian ini untuk luas lahan sempit, luas lahan sedang dan luas lahan luas, untuk jumlah benih, jumlah pupuk urea, jumlah pupuk sp-36, jumlah pupuk phonska,jumlah pestisida, jumlah tenaga kerja laki-laki dan jumlah tenaga kerja perempuan berpengaruh nyata terhadap produksi padi sawah di Kecamatan Lungkang Kule Kabupaten Kaur. Untuk lahan sempit tidak ada variable yang efisien, untuk lahan sedang hanya variable tenaga kerja pria yang efisien dan untuk lahan luas terdapat tiga variable yaitu jumlah benih, jumlah tenaga kerja pria dan tenaga kerja wanita.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 22 Aug 2024 08:47
Last Modified: 22 Aug 2024 08:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20434

Actions (login required)

View Item View Item