ANALISIS TINGKAT KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP BERAS SOKAN DI KOTA BENGKULU

Adrian, Rizky Rama Putra and Nyayu, Neti Arianti and Reflis, Reflis (2023) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP BERAS SOKAN DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI UNTUK PERPUSTAKAAN - Adrian Rizky Rama Putra.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Salah satu produk harian (Daily) masyarakat Indonesia adalah beras. Beras merupakan makanan pangan pokok yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Penduduk di Indonesia sangat bergantung dengan beras, sehingga beras memiliki peranan yang sangat penting untuk masyarakat Indonesia. Dalam kriteria mutu rasa, beras terbagi menjadi dua jenis yaitu beras pera dan beras pulen yang nantinya kedua beras ini akan dimasak/diolah menjadi nasi pera dan nasi pulen. Nasi pera adalah nasi yang keras, kering setelah dingin, lebih mengembang dan tidak lekat satu sama lain. Sebaliknya, nasi pulen adalah nasi yang cukup lunak walaupun sudah dingin, lekat walaupun tidak seperti ketan, antar biji lebih berlekatan satu sama lain dan mengkilap. Dari berbagai jenis merek pada beras pera tersebut, beras Sokan harus bisa memiliki tingkat persaingan yang tinggi untuk dapat bertahan atau untuk menjadi pemenang dalam persaingan bisnis beras pera yang ada di Kota Bengkulu. Berdasarkan dari hal tersebut maka peneliti tertarik untuk meneliti tentang bagaimana tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen terhadap beras Sokan di Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan di tiga toko penjualan beras, yaitu toko beras Fitri, Toko Beras Nur yang berada di jalan Panorama Kota Bengkulu, dan Toko Beras Mauri yang berada di Jalan Flamboyan Skip Kota Bengkulu pada tanggal 15 Desember 2021 sampai 15 Januari 2022. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode non probability sampling (sampel tanpa peluang), yaitu dengan menggunakan metode accidental sampling. Jumlah populasi pada penelitian ini tidak diketahui, maka dari itu peneliti menentukan banyaknya sampel menggunakan metode standar eror untuk proporsi atau persentasi (Suhartanto, 2014). Sampel pada penelitian ini berjumlah 96 orang. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI), Metode Piramida Loyalitas dan uji statistik Rank Spearmen. Hasil analisis yang diketahui menggunakan IPA atribut yang perlu dipertahankan yaitu atribut rasa, aroma, ketahanan pada kemasan beras, daya tahan beras ketika disimpan, keperaan beras, spanduk beras, tempat penjualan beras yang terjangkau, dan kebersihan toko. Atribut yang perlu ditingkatkan dan diperhatikan yaitu kebersihan beras, daftar harga beras pada toko, dan harga beras. Hasil perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI) sebesar 81,22 persen yang masuk ke dalam kategori sangat puas. Konsumen belum dikatakan sebagai konsumen yang sepenuhnya loyal karena berdasarkan hasil analisis piramida loyalitas, nilai dari Committed Buyer masih lebih rendah dibandingkan tingkatan lainnya yang dimana konsumen yang loyal adalah konsumen yang bersedia untuk merekomendasikan beras Sokan kepada orang lain, namun pada hasil penelitian ternyata konsumen masih ragu-ragu untuk merekomendasikan kepada orang lain. Kata Kunci : Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen, Beras, Beras Sokan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 23 Aug 2024 03:02
Last Modified: 23 Aug 2024 03:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20454

Actions (login required)

View Item View Item