ANALISIS STRATEGI PEMASARAN USAHA KERUPUK BARUNA DI KELURAHAN KEBUN TEBENG KECAMATAN RATU AGUNG KOTA BENGKULU

Anwar, Sarif Lubis and Reswita, Reswita and Rahmi, Yuristia (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN USAHA KERUPUK BARUNA DI KELURAHAN KEBUN TEBENG KECAMATAN RATU AGUNG KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi_Anwar Sarif Lubis (E1D017176) - Anwar Sarif.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Strategi pembangunan pertanian berdasarkan konsep agroindustri adalah suatu upaya yang sangat penting dalam menciptakan lapangan kerja untuk menurunkan angka pengangguran, menaikan pendapatan, memajukan pembangunan dan menciptakan nilai tambah. Pemasaran produk merupakan bagian dari pasca produksi yang sangat penting untuk diperhatikan karena pemasaran adalah kunci salah satu perkembangan usaha (Safitri, 2017). Prospek pengembangan UMKM di Kota Bengkulu sedang tren positif, dengan data Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Bengkulu Tahun 2019 menunjukkan bahwa jumlah UMKM di Kota Bengkulu adalah angka yang luar biasa yaitu 4.322 UMKM, yang mencakup 252 di sektor industri, 3.464 di sektor komersial (perdagangan) dan 606 di sektor aneka jasa (Dinas Koperasi dan UKM Kota Bengkulu, 2019). Saat ini industri makanan adalah UMKM yang sedang berkembang, salah satunya industri pembuatan kerupuk di Kota Bengkulu yaitu Usaha Kerupuk Baruna. Usaha ini sudah berdiri sejak Tahun 2000 dengan mempekerjakan 5 orang pekerja dan bertempat di Kelurahan Kebun Tebeng Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu. Dalam melakukan pengemasan produk Usaha Kerupuk Baruna memiliki bentuk kemasan yang berbeda-beda dengan harga Rp 2.000 – 10.000 per bungkus, bertujuan agar masyarakat dapat menjangkau harga yang ditawarkan, Usaha Kerupuk Baruna dapat menghasilkan produksi kerupuk sebanyak 200 kg/hari. Kerupuk yang dihasilkan ada 2 macam produk kerupuk yang berbeda rasa dan bentuk diantaranya kerupuk jalin dan kerupuk lipat. Munculnya usaha baru maupun usaha lama yang menjadi permasalahan bagi pelaku usaha karena akan mengakibatkan kompetisi semakin ketat, terutama dalam usaha serupa (Putri, 2020). Adapun beberapa pesaing Usaha Kerupuk Baruna antara lain: Usaha Kerupuk Bahagia, Usaha Kerupuk Sri Rasa, dan Usaha Kerupuk Assyfa. Tingkat persaingan antar masing-masing usaha tidak terlepas dari strategi pemasaran yang dilakukan, pelaku usaha harus mampu memahami situasi pasar sehingga strategi pemasaran yang dipilih oleh usaha itu agar mampu menembus pangsa pasar. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada aspek pemasaran Usaha Kerupuk Baruna di Kota Bengkulu. 2). Menganalisis alternatif strategi pemasaran pada Usaha Kerupuk Baruna di Kota Bengkulu. Lokasi ditetapkan secara purposive atau sengaja. Data digunakan adalah data primer dan data sekunder. Responden ditentukan dengan metode Accidental sampling untuk sebanyak 115 responden. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode analisis Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks CPM, Matriks IE dan QSPM. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh analisis matriks IFE dan EFE, total skor bobot IFE sebesar 2,944 dan EFE sebesar 2,997 menempatkan Usaha Kerupuk Baruna berada pada kuadran V yaitu tahap menjaga dan mempertahankan (hold and maintain). Hasil penilaian strategi melalui QSPM, menghasilkan 5 alternatif strategi. Strategi yang diprioritaskan adalah strategi mempertahankan harga dan meningkatkan kualitas produk untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen dengan nilai TAS 6,621, menjalin kerjasama dengan pedagang perantara yang potensial untuk menambah pangsa pasar dengan nilai TAS 6,578, melakukan kegiatan promosi dan iklan untuk menarik pelanggan dengan nilai TAS 6,485, mengembangkan produk dengan bentuk dan cita rasa yang baru dengan nilai TAS 6,443 dan menggunakan market place untuk pemasaran online dengan nilai TAS 6,396. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, QSPM

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 23 Aug 2024 03:16
Last Modified: 23 Aug 2024 03:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20461

Actions (login required)

View Item View Item