ANALISIS KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN KOPI BUBUK MEREK KOPI GAYO DI UD. NJONJA MANIES KECAMATAN KUALA SIMPANG KABUPATEN ACEH TAMIANG

Hazril, Maulady and M Mustopa, Romdhon and Putri, Suci Asriani (2023) ANALISIS KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN KOPI BUBUK MEREK KOPI GAYO DI UD. NJONJA MANIES KECAMATAN KUALA SIMPANG KABUPATEN ACEH TAMIANG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI_HAZRIL MAULADY_E1D017087. - Hazril Maulady.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Banyak jenis kopi unggulan yang ada di Indonesia yang menjadi produk unggulan ekspor. Salah satunya adalah kopi spesialti (specialty) yang termasuk ke dalam kopi organik. Kopi Gayo adalah salah satu kopi yang termasuk dalam kopi spesialti berkualitas. Peningkatan jumlah konsumsi kopi spesialti tentunya menjadi peluang besar bagi para produsen. Oleh karena itu, produsen kopi bubuk merek Kopi Gayo pada UD. Njonja Manies di Kecamatan Kuala Simpang disarankan mengetahui apa yang menjadi kepuasan dan loyalitas konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen, menganalisis atribut yang paling mempengaruhi konsumen serta menganalisis tingkat loyalitas konsumen dalam membeli kopi bubuk merek kopi gayo. Jenis data yang digunakan yaitu data primer yang dilakukan dengan wawancara secara langsung pada responden, dan data sekunder dengan membaca dan menguntip dari pustaka yang relevan. Metode penentuan lokasi dilakukan secara sengaja atau purposive. Metode yang digunakan untuk menilai tingkat kepuasan adalah metode Quality Function Deployment (QFD) dan untuk mengukur tingkat Loyalitas Konsumen menggunakan metode Piramida Loyalitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa Tingkat Kepuasan konsumen dalam membeli kopi bubuk merek Kopi Gayo dapat dikatakan bahwa konsumen merasa puas pada atribut�atribut yang ada pada produk kopi tersebut. Atribut-atribut yang paling mempengaruhi kepuasan konsumen dalam membeli kopi bubuk merek Kopi Gayo dengan nilai bobot terbesar hingga terkecil adalah Pelayanan, Ukuran Kemasan, Tanggal Kadaluarsa, Label Produksi, Berat natto, Rasa, Aroma, Warna, Harga, Komposisi, Label SNI, Merek dan Label Halal. Tingkat Loyalitas konsumen dalam membeli kopi bubuk merek Kopi Gayo berbentuk piramida terbalik yang merupakan suatu bentuk keloyalan konsumen yang baik dengan nilai commited buyer lebih tinggi dibandingkan switcher buyer. Kata Kunci: Kepuasan Konsumen, Kopi Bubuk, Kopi Gayo, Loyalitas Konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 23 Aug 2024 03:19
Last Modified: 23 Aug 2024 03:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20462

Actions (login required)

View Item View Item