KEDUDUKAN DOI’ MENRE’ (UANG ANTARAN) DALAM PERKAWINAN MASYARAKAT ADAT BUGIS DI KELURAHAN PADANG SERAI KECAMATAN KAMPUNG MELAYU KOTA BENGKULU

RIZKIE, NUR FITRIANI and Herawan, Sauni and Andry, Harijanto Hartiman (2019) KEDUDUKAN DOI’ MENRE’ (UANG ANTARAN) DALAM PERKAWINAN MASYARAKAT ADAT BUGIS DI KELURAHAN PADANG SERAI KECAMATAN KAMPUNG MELAYU KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI RIZKIE NUR FITRIANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Proses doi‟ menre‟ ( uang antaran ) dalam hukum perkawinan adat Bugis di Kelurahan Padang Serai Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu, pada waktu penentuan besaran doi menre’ yang akan diberikan oleh pihak lak-laki kepada pihak perempuan adalah ketika sang calon mempelai laki-laki yang diwakili oleh sang paman atau keluarga inti lainya datang menemui keluarga calon mempelai perempuan untuk pertama kalinya. Dalam waktu tersebut juga ditentukan kapan dan bagaimana proses pernikahan yang diinginkan oleh kedua bela pihak. Hal-hal yang ikut menjadi bahasan pada proses lamaran yaitu: Sompa (mahar), Doi‟ Menre /Balanca/uang naik, Tanra Esso ( Harijadinya pesta), permaslahan masalah pakaian perkawinan adat. Pada saat lamaran tersebut baru di sampaikan berapa doi’ menre yang harus di berikan oleh keluarga laki- laki kepada keluarga perempuan. Doi menre‟ sangat penting dalam proses pernikahan adat Bugis yang ada di kelurahan Padang Serai, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu, karena jika tidak ada doi menre’ maka pernikahan yang diinginkan akan sulit untuk dicapai bahkantidak akan terjadinya suatu pernikahan. 2. Kedudukan doi‟ menre‟ ( uang antaran ) dalam hukum perkawinan adat Bugis di Kelurahan Padang Serai Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu, sangat penting. Jika tidak ada doi‟ menre‟ maka tidak akan berlangsungnya suatu 79 80 perkawinan, karena masyarakat adat Bugis khususnya yang ada di padang serai masih memegang teguh tardisi tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: Irma Rohayu, S.IPust
Date Deposited: 23 Aug 2024 03:37
Last Modified: 23 Aug 2024 03:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20468

Actions (login required)

View Item View Item