PENGARUH LIKUIDITAS, STRUKTUR MODAL, PERPUTARAN PERSEDIAAN, DAN LABA PER SAHAM TERHADAP KINERJA KEUANGAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL KONTROL (Studi Empiris pada Perusahaan Fast Moving Consumer Goods Periode 2013 – 2022)

Habiburrahman, Muhammad and Nikmah, Nikmah and Isma, Coryanata (2024) PENGARUH LIKUIDITAS, STRUKTUR MODAL, PERPUTARAN PERSEDIAAN, DAN LABA PER SAHAM TERHADAP KINERJA KEUANGAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL KONTROL (Studi Empiris pada Perusahaan Fast Moving Consumer Goods Periode 2013 – 2022). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Muhammad Habiburrahman BAB I - BAB V FIX - m habiburrahman55.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh likuiditas, struktur modal, perputaran persediaan, dan laba per saham terhadap kinerja keuangan. Kinerja keuangan diukur dengan menggunakan perhitungan return on assets. Variabel independen terdiri dari likuiditas, struktur modal, perputaran persediaan, dan laba per saham. Variabel kontrol yaitu ukuran perusahaan. Likuiditas diukur dengan menggunakan perhitungan current ratio. struktur modal diukur dengan cara membagi total liabilitas dengan total ekuitas. Perputaran persediaan diukur dengan cara membagi harga pokok penjualan dengan rata-rata persediaan. Laba per saham diukur dengan cara membagi laba bersih dengan jumlah saham beredar. Ukuran perusahaan diukur dengan cara membagi total aset dengan rata-rata total aset. Penelitian ini diuji menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan program SPSS. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah perusahaan fast moving consumer goods (FMCG) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dari tahun 2013-2022. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purpossive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 67 perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel dalam penelitian ini seperti likuiditas, struktur modal, perputaran persediaan, dan laba per saham berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan fast moving consumer goods (FMCG) di negara Indonesia periode 2013 - 2022. Penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan informasi kepada pihak manajemen perusahaan, investor, stakeholder agar mereka dapat memahami kinerja keuangan perusahaan fast moving consumer goods (FMCG) di negara Indonesia periode 2013 – 2022. Hasil penelitian menunjukkan likuiditas dana struktur modal tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Sementara perputara persediaan dan laba per saham berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 23 Aug 2024 08:16
Last Modified: 23 Aug 2024 09:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20492

Actions (login required)

View Item View Item