PENGARUH ENTERPRISE RISK MANAGEMENT TERHADAP KINERJA KEUANGAN DENGAN SUSTAINABILITY REPORTING SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2018-2022)

Nurkhairani, Putri and Husaini, Husaini and Baihaqi, Baihaqi (2024) PENGARUH ENTERPRISE RISK MANAGEMENT TERHADAP KINERJA KEUANGAN DENGAN SUSTAINABILITY REPORTING SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2018-2022). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Putri Nurkhairani (C1C018068) - Raffa M.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar enterprise risk management (ERM) dapat memengaruhi kinerja keuangan. Serta untuk menguji efek moderasi dari sustainibility reporting (SR) terhadap pengaruh ERM kepada kinerja keuangan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website idx dan web resmi dari masing-masing perusahaan. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur dalam periode tahun 2018-2022. Jumlah sampel perusahaan manufaktur dalam penelitian ini adalah 26 perusahaan dengan periode 5 tahun sehingga jumlah sampel adalah 130. Metode pengumpulan data menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuanttatif. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kinerja keuangan, variabel independen adalah enterprise risk management (ERM) dan variabel moderasi adalah sustainibility reporting (SR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ERM berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan, sedangkan SR tidak mampu memoderasi pengaruh pengungkapan ERM terhadap kinerja keuangan. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa upaya peningkatan kinerja keuangan dapat dilakukan dengan penerapan ERM. Rendahnya risiko yang dihadapi perusahaan dapat meningkatkan kinerja keuangan sebuah perusahaan. Sedangkan pelaporan SR tidak dapat memoderasi pengaruh dari ERM terhadap kinerja keuangan. Keterbatasan dalam penelitian ini yaitu dalam penelitian ini yaitu data yang didistribusikan tidak normal. Masih banyak perusahaan yang yang tidak memiliki informasi dalam pengukuran sustainability report. Tidak dilakukannya pengujian a pengujian pure moderasi (moderasi murni), quasi moderasi (moderasi semu), homologiser moderasi (moderasi potensial) dan Predictor moderasi (moderasi sebagai predictor. Oleh karena itu peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan pengujian pure moderasi (moderasi murni), quasi moderasi (moderasi semu), homologiser moderasi (moderasi potensial) dan Predictor moderasi (moderasi sebagai predictor. Melakukan perhitungan EVA dengan cara melakukan pembagian terhadap total aset

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 23 Aug 2024 08:32
Last Modified: 23 Aug 2024 09:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20498

Actions (login required)

View Item View Item