RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL KEDELAI HITAM TERHADAP PEMBERIAN BERBAGAI DOSIS NPK DAN KOMPOS TUSUK KONDE (Wedelia trilobata)

Dini, Novelda Sihaloho and Bambang, Gonggo Murcitro and Hesti, Pujiwati (2023) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL KEDELAI HITAM TERHADAP PEMBERIAN BERBAGAI DOSIS NPK DAN KOMPOS TUSUK KONDE (Wedelia trilobata). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI Dini Novelda Sihaloho (E1J017049) - Dini Novelda.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Kedelai hitam merupakan salah satu komoditas yang sangat dibutuhkan sebagai bahan baku pembuatan kecap meskipun sekarang kedelai hitam mulai dipertimbangkan sebagai bahan baku tempe dan tahu, sehingga kebutuhan kedelai hitam dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Usaha untuk meningkatkan produksi kedelai hitam yaitu dengan ekstensifikasi maupun secara intensifikasi. Pemupukan merupakan salah satu cara intensifikasi yang umum dilakukan, berupa pemberian pupuk organik yaitu kompos tusuk konde maupun anorganik yaitu NPK. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan interaksi antara dosis NPK dan kompos tusuk konde terhadap pertumbuhan dan hasil kedelai hitam, mendapatkan dosis NPK yang menghasilkan pertumbuhan dan hasil kedelai hitam yang terbaik dan mendapatkan dosis kompos tusuk konde yang menghasilkan pertumbuhan dan hasil kedelai hitam yang terbaik. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli sampai Oktober 2021 bertempat di JL. WR. Supratman, Talang Kering, Pematang Gubernur, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) faktorial dengan 2 faktor. Faktor pertama adalah dosis pupuk NPK yang terdiri atas 4 taraf : 0 kg/ha, 80 kg/ha, 120 kg/ha, dan 160 kg/ha. Faktor kedua adalah dosis pupuk kompos tusuk konde yang terdiri atas 4 taraf : 0 ton/ha, 10 ton/ha, 20 ton/ha, dan 30 ton/ha. Sehingga didapatkan 16 pasang perlakuan yang masing-masing diulang sebanyak 3 kali. Setiap unit perlakuan terdapat 2 polybag sehingga secara keseluruhan diperoleh 96 polybag. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara dosis NPK dan kompos tusuk konde terhadap pertumbuhan dan hasil kedelai hitam. Dosis NPK yang terbaik untuk pertumbuhan dan hasil kedelai hitam belum tercapai. Dosis kompos tusuk konde 20 ton/ha memberikan hasil yang terbaik pada variabel tinggi, jumlah polong per tanaman, sedangkan dosis 30 ton/ha memberikan hasil tertinggi pada variabel jumlah daun, umur berbunga, jumlah biji per tanaman dan bobot biji per tanaman. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini lebih rendah sekitar 17% dibandingkan dengan potensi hasil

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agroecotechnology
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 26 Aug 2024 02:45
Last Modified: 26 Aug 2024 02:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20532

Actions (login required)

View Item View Item