Anggraini, Desi and Bambang, Sahono and Johanes, Sapri (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XII IPS SMAN 1 Ujanmas). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
tesis _desi susanti_A2M021005 - desi kt.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keterampilan sosial dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS 1 SMA N 1 Ujanmas. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Ujanmas semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Melalui teknik simpel random sampling diperoleh sampel kuasi eksperimen adalah kelas XII IPS 2 SMA N 1 Ujanmas dan kelas kontrol XII IPS 3 SMA N 1 Ujanmas. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif, rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keterampilan sosial dan prestasi belajar siswa kelas XII SMA N 1 Ujanmas dan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD secara efektif dapat meningkatkan perstasi belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, keterampilan sosial siswa, prestasi belajar siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 03:07 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 03:07 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20537 |
Actions (login required)
View Item |