PENGEMBANGAN MODUL SOSIOLOGI BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Warga Belajar Kelas XII Paket C di Satuan Pendidikan Nonformal Kabupaten Bengkulu Tengah)

Dsyanti, Dina and Bambang, Sahono and Buyung, Buyung (2023) PENGEMBANGAN MODUL SOSIOLOGI BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Warga Belajar Kelas XII Paket C di Satuan Pendidikan Nonformal Kabupaten Bengkulu Tengah). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS DINA DAYANTI A2M02005 PERPUS UNIB AKHIR - dina dayanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan modul Sosiologi berbasis kearifan lokal yang dapat meningkatkan prestasi belajar, mendeskripsikan pengembangan modul Sosiologi berbasis kearifan lokal yang layak untuk meningkatkan prestasi belajar, dan efektivitas modul Sosiologi berbasis kearifan lokal yang dikembangkan dapat meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian ialah warga belajar kelas XII Paket C di Satuan Pendidikan Nonformal Kabupaten Bengkulu Tengah (SPNF-SKB Bengkulu Tengah dan PKBM Al-Faruq). Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, lembar penilaian dan tes prestasi belajar. Analisis data yang digunakan nilai rata-rata dan uji t menggunakan SPSS versi 26. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Modul sosiologi berbasis kearifan lokal yang dikembangkan dapat meningkatkan prestasi belajar, (2) Modul sosiologi berbasis kearifan lokal yang dikembangkan layak untuk meningkatkan prestasi belajar, dan (3) Modul sosiologi berbasis kearifan lokal yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar berdasarkan hasil uji coba lapangan skala kecil dan skala luas warga belajar kelas XII Paket C di Satuan Pendidikan Nonformal Kabupaten Bengkulu Tengah. Kata Kunci : Modul, Sosiologi, Berbasis Kearifan Lokal, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 26 Aug 2024 03:07
Last Modified: 26 Aug 2024 03:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20538

Actions (login required)

View Item View Item