PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP PELAYANAN PUBLIK DALAM PELAYANAN PENCAIRAN JAMINAN HARI TUA (Studi Kasus BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bengkulu)

Iskandar, Dendi and Jarto, Tarigan and Budiyono, Budiyono (2021) PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP PELAYANAN PUBLIK DALAM PELAYANAN PENCAIRAN JAMINAN HARI TUA (Studi Kasus BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI DENDI ISKANDAR.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (645kB)

Abstract

Jaminan sosial merupakan hak asasi setiap rakyat sebagai warga negara, dengan demikian pemerintah Indonesia memberikan pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan untuk melindungi tenagakerja yang ada di Indonesia, salah satu program yang ada di BPJS Ketenagakerjaan adalah program Jaminan Hari Tua (JHT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi prinsip-prinsip pelayanan publi dalam pelayanan pencairan JHT. Aspek pada penelitian ini meliputi sosialisasi, implementasi, kontrol, dan evaluasi. Hasilpenelitian menunjukkan (1) sosialisasi kurangnya sosialisasi dari pihak yang bersangkutan, (2) implementasi untuk pelayanan kelaim jaminan hari tua pada proses pencairanya belum sesuai dengan setandar oprasional prosedur yang berlaku, (3) kontrol pelayanan kelaim jaminan hari tua sudah berjalan dengan baik (4) evaluasi dilakukan seiap satubulan dan juga diakukan evaluasi dari pusat satu ahun sekali. Penelitian ini diharapkan memberikan informasi kepada peserta program JHT mengenai prinsip-prinsip pelayanan publik yang ada di BPJS ketenagakerjaan kantor cabang Bengkulu..

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 26 Aug 2024 03:13
Last Modified: 26 Aug 2024 03:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20552

Actions (login required)

View Item View Item