Hapsari, Meilisa and Bambang, Sahono and Johanes, Sapri (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Pada Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Merapi Timur). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
TESIS MEILISA HAPSARI Perbaikan - EKA YANA APRIANTI.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Merapi Timur semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Melalui teknik purposive sampling diperoleh sampel kuasi eksperimen adalah kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Merapi Timur menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif, rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar pada mata pelajaran biologi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Merapi Timur dan dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Merapi Timur. Kata kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Berpikir Kritis, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 03:34 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 03:34 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20553 |
Actions (login required)
View Item |