ANALISIS USABILITY DAN PERANCANGAN USER EXPERIENCE SIMDA PENDAPATAN MENGGUNAKAN METODE USABILITY TESTING DENGAN USE QUESTIONNAIRE DAN TASK CENTERED SYSTEM DESIGN (TCSD) STUDI KASUS BAPENDA KOTA BENGKULU

Meirza, Saputra and Arie, Vatresia and Ferzha, Putra Utama (2023) ANALISIS USABILITY DAN PERANCANGAN USER EXPERIENCE SIMDA PENDAPATAN MENGGUNAKAN METODE USABILITY TESTING DENGAN USE QUESTIONNAIRE DAN TASK CENTERED SYSTEM DESIGN (TCSD) STUDI KASUS BAPENDA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI - Meirza Saputra G1F018032 fix 1 - merza saputra.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

SIMDA adalah salah satu perangkat lunak yang dikembangkan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) provinsi Bengkulu. Sistem Informasi ini berfungsi dalam pengelolaan keuangan daerah yang baik. Penerapan SIMDA di BAPENDA Provinsi Bengkulu dimulai pada tahun 2007 sejak saat itu belum ada penelitian untuk menganalisis usability. penulis melakukan usability testing terhadap aplikasi SIMDA ini didasarkan pada Rencana Strategis (RENSTRA) Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) dengan strategi serta arah kebijakan, salah satunya tertulis strateginya Mengadakan pemeliharaan dan memperbaiki sarana dan prasarana informasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan arah kebijakannya memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya wajib pajak daerah dengan memanfaatkan kemajuan Teknologi Informasi (TI). Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis usability dengan metode usability testing dengan USE Questionnaire. Hasil ini dapat digunakan untuk perancangan user experience aplikasi SIMDA dan untuk perancangan user experience penulis akan menggunakan metode Task Centered System Design (TCSD), Metode ini digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan task dan kebutuhan pengguna, setelah mendapatkan kebutuhan pengguna baru penulis bisa melakukan perancangan user experience dari aplikasi SIMDA. Perancangan rekomendasi perbaikan desain baru terhadap aplikasi SIMDA dilakukan menggunakan metode Task Centered System Design (TCSD). Setelah melakukan perancangan penulis melakukan analisis kembali menggunakan metode USE Questionnaire sama seperti analisis awal penulis kembali menggunakan metode USE Questionnaire. Kata-kunci: Analisis Usability Dan Perancangan User Experience, SIMDA, Usability Testing Dengan Use Questionnaire Dan Task Centered System Design (Tcsd)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: Lili Haryanti, S.IPust
Date Deposited: 26 Aug 2024 03:13
Last Modified: 26 Aug 2024 03:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20556

Actions (login required)

View Item View Item