PENERAPAN DATA MINING BERDASARKAN REVIEW PENGGUNA APLIKASI TIX ID PADA GOOGLE PLAYSTORE DENGAN METODE NAÏVE BAYES BERBASIS SMOTE & PSO

DEVID, FRIANDA SETIAWAN and Aan, Erlanshari and Julia, Purnamasari (2023) PENERAPAN DATA MINING BERDASARKAN REVIEW PENGGUNA APLIKASI TIX ID PADA GOOGLE PLAYSTORE DENGAN METODE NAÏVE BAYES BERBASIS SMOTE & PSO. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Devid Frianda Setiawan - Devid Frianda Setiawan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penilaian pada sebuah aplikasi di Google Playstore bertujuan untuk memberikan ulasan tentang kelebihan dan kekurangan dalam penerimaan pengguna pada suatu aplikasi, khususnya pada aplikasi TIX ID. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum dan akurasi review pengguna aplikasi TIX ID serta perubahan signifikan akurasi apabila menggunakan Naïve Bayes dengan penambahan Feature SMOTE dan PSO. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran umum penerimaan pengguna pada variabel metode pembayaran DANA masih “Ditolak” oleh para pengguna dengan nilai probabilitas penerimaan yakni P(C) untuk P(Diterima) = 0,32 < P(Ditolak) = 0,68. Sedangkan pada variabel kualitas aplikasi sudah “Diterima” oleh para pengguna nilai probabilitas penerimaan yakni P(C) untuk P(Diterima) = 0,585 > P(Ditolak) = 0,415. Hasil pengujian dengan akurasi tertinggi yakni pada variabel metode pembayaran DANA yaitu sebesar 93,68 % dan untuk variabel kualitas aplikasi sebesar 96,13 % serta berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terjadinya perubahan signifikan apabila menambahkan Feature SMOTE dan PSO yakni terjadinya peningkatan akurasi pada masing-masing variabel yaitu sebesar 14.94 % untuk variabel metode pembayaran DANA pada tipe kelas bintang 1 - bintang 5 dan 7.95 % untuk variabel kualitas aplikasi pada tipe kelas bintang 1 - bintang 5. Sedangkan pada tipe kelas bintang 1 dan bintang 5 menghasilkan peningkatan akurasi sebesar 9.06 % untuk variabel metode pembayaran dan 3.4 % untuk variabel kualitas aplikasi. Kata Kunci: Penerimaan Pengguna, Data Mining, Naïve Bayes, Aplikasi TIX ID, Review Pengguna.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: Lili Haryanti, S.IPust
Date Deposited: 26 Aug 2024 03:21
Last Modified: 26 Aug 2024 03:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20565

Actions (login required)

View Item View Item