PENILAIAN MATURITY LEVEL PROSES PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK CAPABILITY MATURITY MODEL INTEGRATION FOR DEVELOPMENT (CMMI-DEV) VERSI 1.3 (STUDI KASUS: LPTIK UNIB)

TAUFIK, LIJU PRATAMA and Arie, Vatresia and Julia, Purnama Sari (2023) PENILAIAN MATURITY LEVEL PROSES PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK CAPABILITY MATURITY MODEL INTEGRATION FOR DEVELOPMENT (CMMI-DEV) VERSI 1.3 (STUDI KASUS: LPTIK UNIB). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI TAUFIK LIJU PRATAMA - Official Media Taufik.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Dalam era globalisasi saat ini, instansi harus dapat mengatasi masalah dan perubahan yang terjadi secara cepat dan tepat sasaran. Oleh karena itu, faktor yang harus diperhatikan tidak hanya berfokus pada pengelolaan informasi semata, melainkan juga harus fokus untuk menjaga dan meningkatkan mutu informasi dari instansi. Permasalahan pada penelitian ini difokuskan pada pengukuran tingkat kematangan (maturity level) kinerja teknologi informasi di LPTIK Universitas Bengkulu. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan penyebaran kuesioner. Jumlah responden yang digunakan sebanyak 6 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Capability Maturity Model Integration For Development (CMMI-DEV) versi 1.3. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis didapatkan hasil bahwa hasil maturity level saat ini (existing) setiap area proses PMC dan PPQA, yang dimana pada proses PMC mendapatkan level 5- optimizing process dan PPQA mendapatkan level 4 – quantitatively managed yang dimana proses LPTIK Universitas Bengkulu telah membuat poin-poin objektif yang terukur sebagai kriteria mutu dan kinerja dalam mengelola sebuah proyek. Kemudian analisis gap pada area proses PPQA yang didapat adalah 1 yaitu dengan nilai maturity level 4 dan level target 5. Kemudian, untuk tingkat kematangan LPTIK Univeritas Bengkulu dapat mencapai peningkatan progresif dalam maturity apabila dapat mencapai kontrol terlebih dahulu serta terus berlanjut hingga tingkat tertinggi, tingkat lanjutan dalam manajemen kinerja di seluruh organisasi dan perbaikan proses berkelanjutan menggunakan kualitatif dan kuantitatif data untuk membuat keputusan. Kata-kunci: Maturity Level, kinerja, CMMI-DEV 1.3, LPTIK Universitas Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: Lili Haryanti, S.IPust
Date Deposited: 26 Aug 2024 03:31
Last Modified: 26 Aug 2024 03:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20574

Actions (login required)

View Item View Item