ANALISIS PERILAKU ADOPSI DIGITAL MARKETING PADA UMKM DI KOTA BENGKULU MENGGUNAKAN MODEL UTAUT-3

PRADIFTA, IRSYAD HIDAYAT and Aan, Erlanshari and Nurul, Renaningtias (2023) ANALISIS PERILAKU ADOPSI DIGITAL MARKETING PADA UMKM DI KOTA BENGKULU MENGGUNAKAN MODEL UTAUT-3. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI_PRADIFTA IRSYAD HIDAYAT - Pradifta Irsyad Hidayat.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah kelompok usaha yang bergerak di bidang ekonomi dan merupakan pelaku ekonomi terbesar di Indonesia yang menunjang meningkatnya pendapatan perekonomian Indonesia, Berdasarkan data terakhir dari Dinas Koperasi dan UKM Kota Bengkulu pada tahun 2019 menyebutkan bahwa total UMKM yang ada di Kota Bengkulu berjumlah 45.702 UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku adopsi digital marketing pada UMKM di Kota Bengkulu dengan tujuan megetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku adopsi digital marketing pada pelaku UMKM serta bagaimana perilaku pelaku UMKM terhadap adopsi digital marketing. Metode Kuantitatif diterapkan pada penelitian ini dengan cara penyebaran kusioner kepada 100 orang responden pelaku UMKM. Model yang digunakan adalah Unified Theory of Acceptance and Use of Technology-3 (UTAUT-3). Analisis data yang dilakukan menggunakan software SmartPLS 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Performance Expectancy, Social Influence, Hedonic Motivation mempengaruhi niat perilaku penggunaan digital marketing pada pelaku UMKM di Kota Bengkulu. Performance Expectancy memiliki pengaruh yang paling kuat dengan nilai path coefficient 0.481 yang berarti pelaku UMKM mengadopsi digital marketing karena dapat mengembangkan usaha, membantu promosi, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan penjualan usahanya. Sedangkan Habit dan Behavioural Intention dapat secara langsung mempengaruhi perilaku penggunaan digital marketing pada pelaku UMKM. Diketahui platform digital marketing yang paling banyak digunakan adalah whatsapp dengan pengguna sebesar 94%, lingkungan sosial terbukti lebih berpengaruh dibandingkan niat pribadi pelaku UMKM dalam mengadopsi digital marketing. Serta pelaku UMKM di kota Bengkulu rata-rata telah mengadopsi digital marketing selama lebih dari 1 tahun. Kata Kunci: UMKM, digital marketing, UTAUT-3, SEM-PLS, Behaviuoral Intention, Use Behaviour

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: Lili Haryanti, S.IPust
Date Deposited: 26 Aug 2024 03:37
Last Modified: 26 Aug 2024 03:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20581

Actions (login required)

View Item View Item