Apiri, Enton and Riyanto, Riyanto and Buyung, Buyung (2023) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 3 BENGKULU TENGAH. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
TESIS_ENTON APIRI_S2 TP - Farizal Farizal.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran SQ3R untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa dalam pelajaran Bahasa Inggris siswa Kelas XI MIPA SMAN 3 Bengkulu Tengah dan mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran SQ3R efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa Kelas XI MIPA SMAN 3 Bengkulu Tengah. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas (PTK) dan eksperimen. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Bengkulu Tengah tahun pelajaran 2022/2023. Jumlah siswa untuk kelas PTK adalah 30 orang dan kelas kontrol serta eksperimen 30 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, tes tertulis kemampuan kemampuan membaca dan tes menulis. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis skor rata-rata dan uji tes yang terdiri dari uji beda antar siklus (uji paired t test) dan uji beda dua sampel (uji independent t test). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode SQ3R dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Bengkulu Tengah. Kata Kunci: Metode SQ3R, Menulis, Membaca, Bahasa Inggris
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 04:03 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 04:03 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20590 |
Actions (login required)
View Item |