PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Pagar Gunung Lahat)

Merriyani, Merriyani and Bambang, Sahono and Johanes, Sapri (2023) PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Pagar Gunung Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS_MERRIYANI_A2M021021_S2 TP_compressed - Merri Yani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1). mendeskripsikan penerapan model Experiential Learning dan mendeskripsikan efektivitas penerapan model Experiential Learning untuk meningkatkan berpikir kreatif dan prestasi belajaran pada mata pelajaran biologi kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Pagar Gunung Lahat. 2). Mendeskripsikan penerapan model Experiential Learning dapat meningkatkan prestasi belajar Biologi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Pagar Gunung Lahat. 3). Mendeskripsikan efektivitas penerapan model Experiential Learning dapat meningkatkan prestasi belajar biologi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Pagar Gunung Lahat. Metode penelitian yang di gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pagar Gunung Lahat semester genap Tahun Pelajaran 2022/2023. Jumlah siswa untuk kelas PTK berjumlah 28 orang di kelas XI MIPA 1, untuk kelas eksperimen berjumlah 28 orang di kelas XI MIPA 2, dan untuk kelas kontrol 28 orang di kelas XI MIPA 3. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi model Experiential learning, lembar observasi berpikir kreatif, dan test hasil belajar. Sedangkan analisis data menggunakan analisis skor rata-rata dan uji-t test yang terdiri dari uji beda antar siklus dan uji beda dua sampel yang tidak berhubungan. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan yaitu: 1). Penerapan model Experiential Learning dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa, 2). Penerapan model Experiential Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, dan 3). Penerapan model Experiential Learning efektif meningkatkan prestasi/hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Pagar Gunung Lahat. Kata kunci: Model Experiential Learning, Berpikir kreatif, Prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 26 Aug 2024 04:23
Last Modified: 26 Aug 2024 04:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20603

Actions (login required)

View Item View Item