PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V SD Negeri 3 Gumay Talang)

Sari, Sendy Aria and Johanes, Sapri and Bambang, Sahono (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V SD Negeri 3 Gumay Talang). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS_SENDY_PENERAPAN_MODEL_PEMBELAJARAN_KOOPERATIF_TIPE_PICTURE_AND_PICTURE_UNTUK_MENINGKATKAN[1]_compressed (2)_compressed - Taqiah Cantik.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar dalam pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 3 Gumay Talang. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan penelitian Tindakan kelas (PTK) dan kuasi eksperimen. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembaran observasi untuk mengukur prestasi belajar digunakan tes. Sedangkan analisis data digunakan analisis skor rata-rata dan uji-t test. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat mengembangkan tanggung jawab siswa, (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, (3) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture efektif meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pembelajaran IPA. Kata kunci : model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture, tanggung jawab, prestasi belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 26 Aug 2024 04:23
Last Modified: 26 Aug 2024 04:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20605

Actions (login required)

View Item View Item