PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi pada Mata Pelajaran Kimia Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Ujanmas)

Yulistiawati, Yulistiawati and Johanes, Sapri and Bambang, Sahono (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi pada Mata Pelajaran Kimia Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Ujanmas). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS_YULISTIAWATI Fix_compressed - Yulis Yulis.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan Kerjasama dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Kimia kelas XI. IPA SMA Negeri 1 Ujanmas. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI.IPA.1 SMA Negeri 1 Ujanmas semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Melalui teknik simple random sampling diperoleh sampel kuasi eksperimen adalah kelas XI.IPA.2 SMA Negeri 1 Ujanmas sebagai kelas eksperimen dan kelas XI.IPA.3 SMA Negeri 1 Ujanmas sebagi kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif, rata-rata (mean), persentase, dan uji- t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan Kerjasama dan prestasi belajar Peserta didik kelas XI.IPA SMA Negeri 1 Ujanmas Kata kunci : STAD, Kerjasama, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 26 Aug 2024 04:23
Last Modified: 26 Aug 2024 04:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20607

Actions (login required)

View Item View Item