PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DAN PEMECAHAN MASALAH (Studi Pada Anak Kelompok B TK Dharma Putri di Seluma)

Rukilah, Rukilah and Nina, Kurniah and Buyung, Buyung (2023) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DAN PEMECAHAN MASALAH (Studi Pada Anak Kelompok B TK Dharma Putri di Seluma). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS-PERPUS - RUKILAH RUKILAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan, pertama penerapan model pembelaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak, kedua penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah anak, dan ketiga efektivitas penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dilanjutkan dengan Kuasi Eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan catatan lapangan. Subjek Penelitian Tindakan kelas adalah anak kelompok B1 TK Dharma Putri dengan jumlah anak dalam satu kelompok 15 orang. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan cara acak, anak kelompok B2 TK Dharma Putri dengan jumlah anak 15 orang sebagai kelas eksperimen dan anak kelompok B3 TK Dharma Putri dengan jumlah anak 13 orang sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak dan kemampuan pemecahan masalah anak, dan penerapan model pembelajaran Project Based Learning efektif dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak di TK Dharma Putri. Kata Kunci: Model pembelajaran Project Based Learning, Kemampuan berbicara, kemampuan pemecahan masalah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 26 Aug 2024 04:24
Last Modified: 26 Aug 2024 04:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20608

Actions (login required)

View Item View Item