PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA. ( Studi pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Siswa Kelas X IPA di SMA Negeri 3 Lahat )

Setiawan, Yudi and Bambang, Sahono and Johanes, Sapri (2023) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA. ( Studi pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Siswa Kelas X IPA di SMA Negeri 3 Lahat ). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS-YUDI SETIAWAN - Yudi Malaka.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran Sejarah Indonesia di SMA merupakan salah satu aspek pembelajaran yang termasuk dalam mata pelajaran wajib. Hasil observasi awal di SMA Negeri 3 Lahat di dapat hasil keterampilan kolborasidan prestasi belajar siswa masih rendah. Hal ini terlihat pada proses pembelajaran berlangsung masih banyak siswa yang belum bisa bekerja sama dan kurang komunikasi dalam proses pembuatan infografis. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan, pertama penerapan model Project Based Learning dapat meningkatakan keterampilan kolaborasi siswa pada pembelajaran Sejarah Indonesia, kedua penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan ketiga mendeskripsikan efektifitas penerapan model project based learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan untuk mengetahui efektifitas model Project Based Learning dilakukan dengan model penelitian Kuasi Eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas X IPA 1. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan cara di undi, siswa kelas X IPA 2 kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Lahat. Kata Kunci : Model Project Based Learning, Keterampilan Kolaborasi, Prestasi Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 26 Aug 2024 04:24
Last Modified: 26 Aug 2024 04:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20609

Actions (login required)

View Item View Item