Mayasari, Henni and Johanes, Sapri and Nina, Kurniah (2023) PENERAPAN METODE DRILL AND PRACTICE MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS DAN KREATIVITAS ANAK USIA DI PAUD PERTIWI 1 KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
THESIS FINIS + plagiasi - Henni Mayasari.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Drill and Practice melalui kegiatan menggambar untuk meningkatkan motorik halus dan kreativitas anak usia dini di Paud Pertiwi I Kota Bengkulu. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. PTK yang dilaksanakan berupa siklus tindakan yang terdiri dari 3 skilus dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B1 semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Sampel kelompok eksperimen adalah kelompok B2 dan kelompok kontrol adalah kelas B3 Paud Pertiwi I Kota Bengkulu dengan menggunakan random sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi. Data penelitian menggunakan statistik diskriptif, rata-rata (mean), persentase dan uji-t. Hasil penelitian menunujukkan adanya peningkatan motorik halus dan kreativitas secara signifikan pada setiap siklus sehingga menggunakan metode Drill and Praktice melalui kegiatan menggambar efektif digunakan pada anak usia dini. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata yang diperoleh pada siklus I hanya 2,33 kriteria MB, pada siklus II meningkat menjadi 2,71 kriteria BSH dan pada siklus III mencapai 3,28 dengan kriteria BSB. Kata kunci : metode Drill And Practice, menggambar, motorik halus dan kreativitas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 04:23 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 04:23 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20610 |
Actions (login required)
View Item |