MANAJEMEN AKREDITASI PROGRAM STUDI (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG)

Samsilayurni, Samsilayurni (2023) MANAJEMEN AKREDITASI PROGRAM STUDI (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (DISERTASI)
1. DISERTASI _SAMSILAYURNI- Lengkap_compressed - samsila yurni.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Suatu organisasi dalam mencapai sasaran yang telah ditetapkan, akan sukses apabila organisasi mampu menjalankan fungsi manajemen dengan baik diantaranya mampu untuk mengkoordinasikan dalam usaha menjalankan sasaran yang telah ditetapkan serta mampu melaksanakan monitoring pelaksanaan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan fungsi manajemen perencanaan, pengorganisasian, pengarahan pelaksanaan dalam implementasi pemutakhiran data, pengawasan penjaminan mutu akreditasi program studi di Universitas Muhammadiyah Palembang dan menghasilkan buku panduan akreditasi dalam pengelolaan dokumen pendukung akreditasi sesuai dengan rubrik penilaian akreditasi versi 4.0 di era digital. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, Peneliti bermaksud menggambarkan pelaksanaan proses akreditasi program studi di perguruan tinggi. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi dan studi dokumen. Analisis data dalam penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu teknik analisis data dengan menggunakan penjelasan dalam bentuk kalimat yang diperoleh dari hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menemukan bahwa kegiatan manajemen akreditasi program studi di Universitas Muhammadiyah Palembang dilaksanakan dalam empat tahapan yakni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan atau pelaksanaan serta pengawasan terhadap penjaminan mutu, audit mutu internal secara umum sudah berjalan dengan baik, namun fungsi pengarahan pelaksanaan khusus pengimplementasian pemutakhiran data LKPS dan LED APS 4.0 melalui aplikasi sebagai persiapan asesmen lapangan di program studi masih belum berjalan secara optimal. Kesimpulan dari penelitian ini ternyata buku panduan Si-Cerdas akreditasi memudahkan pengelolaan data pendukung yang dibutuhkan sesuai dengan rubrik penilaian akreditasi. Penelitian ini memberi kontribusi kepada pengelola perguruan tinggi dan program studi dalam menyiapkan dokumen akreditasi, serta ini la yang menjadi novelty. Kata Kunci: Manajemen, Akreditasi, Program Studi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 26 Aug 2024 04:43
Last Modified: 26 Aug 2024 04:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20612

Actions (login required)

View Item View Item