PENGEMBANGAN MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI WIDYAISWARA DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN

Gunawan, Sari and Johanes, Sapri and Eko, Risdianto (2023) PENGEMBANGAN MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI WIDYAISWARA DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (DISERTASI)
Disertasi Final_compressed (1) - nanik andra.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengembangkan model blended learning untuk meningkatkan kompetensi widyaiswara dalam pengelolaan pembelajaran. Peneliti menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pengembangan ADDIE. Subyek penelitian adalah widyaiswara UPTD Pelkes Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non tes dan test. Berdasarkan uji instrumen diperoleh bahwa instrumen yang digunakan adalah valid dan reliabel. Hasil obeservasi, wawancara dan tes diperoleh bahwa; 1) model blended learning SLC Raflesia adalah model yang tepat dalam meningkatkan kompetensi widyaiswara dalam pengelolaan pembelajaran, 2) kegiatan pembelajaran terdiri dari tiga tahap yaitu; pendahuluan, inti dan penutup 3) model blended learning SLC Raflesia mengembangkan dua kuadan menjadi empat kuadran 4) implementasi model pengembangan ini terdiri dari tiga tahap (sintaks), yaitu; penggalian informasi (GaFo), pengolahan informasi (AlFo) dan sintesis pengetahuan (SinTa), 5) model blended learning SLC Raflesia dapat meningkatkan kompetensi widyaiswara secara efektif. Novelty dari penelitian ini adalah model blended learning dengan nama SLC Raflesia. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi widyaiswara dalam pengelolaan pembelajaran. Kata Kunci: Model blended learning, Kompetensi, Widyaiswara.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 26 Aug 2024 04:43
Last Modified: 26 Aug 2024 04:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20614

Actions (login required)

View Item View Item