PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT SISWA SEKOLAH DASAR

Nugroho, Muhammad Ridho and Badeni, Badeni and Eko, Risdianto (2023) PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Disertasi)
Disertasi M. Ridho Nugroho NPM A3K020016 Perpus UNIB_compressed (2) - Muhammad Ridho Nugroho.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul interaktif PHBS untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat siswa sekolah dasar (SD). Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4 D yang terdiri dari tahapan design, define, develop dan disseminate. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDIT Raudhatul Jannah dan SD Muhammadiyah Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes (prestest-postest) dan non-test (wawancara dan observasi). Instrumen ini untuk mengetahui analisis kebutuhan, kelayakan model, dan efektivitas model yang telah dikembangkan untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat siswa sekolah dasar. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Keefektifan modul interaktif PHBS yang dikembangkan untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat siswa sekolah dasar dilakukan dengan menghitung nilai N-gain dan uji pairing t test pada hasil pre test dan pos test. Hasil pengolahan data diperoleh nilai N-gain sebesar 0,37 (kriteria sedang) dan nilai signifikansi sebesar 0.00 < 0.05 artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan modul interaktif Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang dikembangkan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa modul pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat siswa sekolah dasar adalah modul interaktif yaitu sebuah media belajar yang ringkas dan praktis serta disusun secara sistematis dan melibatkan peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran sebagai sebuah usaha pengembangan sistem pendidikan untuk membantu peserta didik memahami materi secara spesifik serta dilengkapi dengan unsur TPACK (Technological Pedagogical And Content Knowledge) dalam penggunaannya. Kata Kunci: Modul, Interaktif, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 26 Aug 2024 04:43
Last Modified: 26 Aug 2024 04:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20615

Actions (login required)

View Item View Item