KETERAMPILAN INTERPERSONAL, BUDAYA ORGANISASI, MOTIVASI KERJA, DAN KINERJA GURU

Nipriansyah, Nipriansyah and Sudarwan, Danim and Asti, Putri Kartiwi (2023) KETERAMPILAN INTERPERSONAL, BUDAYA ORGANISASI, MOTIVASI KERJA, DAN KINERJA GURU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (DISERTASI)
DISERTASI NIPRIANSAYAH-A3K020018_Fiks - Nip Riansyah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh keterampilan interpersonal, budaya organisasi, motivasi kerja dan kinerja Guru SMPN Kabupaten Kaur. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif jenis survey. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner. Tempat penelitian SMPN di Kabupaten Kaur. Jumlah populasi 547 guru dan jumlah sampel 115 guru. Teknik sampling yang digunakan adalah random proporsional sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Validitas isi instrumen diuji menggunakan 7 pendapat ahli dilanjutkan dengan validitas empiris. Instrumen penelitian yang digunakan valid dan reliabel. Teknik analisis data menggunakan Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis statistik deskriptif dan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) keterampilan interpersonal, motivasi kerja dan kinerja guru masing-masing berada pada kategori cukup sedangkan budaya organisasi berada pada kategori baik, (2) keterampilan interpersonal berkorelasi positif dan signifikan terhadap budaya organisasi, (3) keterampilan interpersonal berkorelasi positif dan signifikan terhadap motivasi kerja, (4) budaya organisasi berkorelasi positif dan signifikan terhadap motivasi kerja, (5) keterampilan interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, (6) budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, (7) motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, (8) keterampilan interpersonal dan budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, (9) keterampilan interpersonal dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, (10) budaya organisasi dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, (11) keterampilan interpersonal, budaya organisasi dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dan tidak ada pengaruh dilihat dari status kepegawaian. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi praktisi dan Dinas Pendidikan Kabupaten Kaur dalam meningkatkan kinerja guru SMPN Kata Kunci: Budaya organisasi, keterampilan interpersonal, motivasi kerja, kinerja guru

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 26 Aug 2024 04:43
Last Modified: 26 Aug 2024 04:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20616

Actions (login required)

View Item View Item