ANALISIS SURVEI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) PADA PELAYANAN PUSKESMAS TEBAT KARAI KABUPATEN KEPAHIANG

Purnama, Nova and Mirza, Yasben and Suratman, Suratman (2021) ANALISIS SURVEI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) PADA PELAYANAN PUSKESMAS TEBAT KARAI KABUPATEN KEPAHIANG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Nova Purnama(D1D116028).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan pada pelayanan Puskesmas Tebat Karai Kabupaten Kepahiang yang diukur berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1.348 orang dengan tingkat kesalahan 1% dan diperoleh hasil 100 orang sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket),observasi (pengamatan) dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan rumus Product Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indeks Kepuasan Masyarakat di Puskesmas Tebat Karai Kabupaten Kepahiang sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari 9 (sembilan) indikator sesuai Permenpan-RB No. 14 Tahun 2017 dengan rata-rata mutu pelayanan berada pada kategori baik dengan nilai konversi IKM sebesar = 78,423. Hasil dari 9 unsur Indeks Kepuasan Masyarakat adalah sebagai berikut: (1) persyaratan memiliki nilai IKM sebesar 79,58 dengan kategori baik, (2) sistem dan mekanisme serta prosedur memiliki nilai IKM sebesar 77,93 dengan kategori baik, (3) waktu penyelesaian memiliki nilai IKM sebesar 79,25 dengan kategori baik, (4) biaya/tarif memiliki nilai IKM sebesar 78,5 dengan kategori baik, (5) produk spesifikasi jenis pelayanan memiliki nilai IKM sebesar 78,13 dengan kategori baik, (6) kompetensi pelaksana memiliki nilai IKM sebesar 78,75 dengan kategori baik, (7) perilaku pelaksana memiliki nilai IKM sebesar 79,5 dengan kategori baik , (8) penanganan pengaduan dan saran serta masukan memiliki nilai IKM sebesar 79,9 dengan kategori baik, dan (9) sarana dan prasarana memiliki nilai IKM sebesar 80,63 dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 26 Aug 2024 04:42
Last Modified: 26 Aug 2024 04:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20621

Actions (login required)

View Item View Item