Purdiyanto, Purdiyanto and Johanes, Sapri and Muhammad, Kristiawan (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mahasiswa Prodi D3 Keperawatan STIKes Garuda Putih Jambi). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (DISERTASI)
DISERTASI PBL PURDIYANTO FIX 3 - Eva Istapra.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model PBL dapat meningkatkan kemandirian, kemampuan berpikir kritis, dan efektivitas dalam meningkatkan prestasi belajar pada mahasiswa tingkat II program studi D3 Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Garuda Putih Jambi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran yang diawali dengan melakukan classroom action research sampai menemukan siklus yang tepat kemudian dilanjutkan dengan penelitian kuantitatif model quasi experiment menggunakan Pre-experimental design one group pretest-postest yakni rancangan eksperimen yang dilakukan pada satu kelompok yang diberikan tes awal sebelum diberikan perlakuan (treatment) dan diberikan tes akhir setelah diberikan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan aspek kemandirian belajar mahasiswa dari ketegori cukup menjadi kategori sangat baik. Penerapan model PBL dapat meningkatkan aspek kemampuan berpikir kritis mahasiswa dari kategori cukup menjadi kategori baik. Penerapan model PBL dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dilihat dari nilai ketuntasan belajar mahasiswa yang mengalami peningkatan sebesar 42.85%. Penerapan model PBL efektif meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dilihat dari peningkatan nilai rata-rata sebesar 13.70%. Keterbaruan penelitian berupa perbaikan proses pada langkah pembalajaran model PBL dengan menyusun laporan mini research sebagai suplemen pembelajaran. Model PBL dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran yang perlu dipertimbangkan untuk digunakan oleh pendidik dalam kegiatan pembelajaran pada mata kuliah Keperawatan Nyeri dan mata kuliah lain yang memiliki karakteristik sejenis. Sedangkan, keterbatasan penelitian terletak pada aspek yang diteliti, yaitu kemandirian belajar dan kemampuan berfikir kritis. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Kemandirian Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Prestasi Belajar, Efektivitas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 05:01 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 05:01 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20623 |
Actions (login required)
View Item |