Istapra, Eva and Sudarwan, Danim and Nina, Kurniah (2023) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN JAMAK PADA ANAK USIA DINI (Studi pada Anak Kelompok B PAUD di Kabupaten Musi Rawas). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (DISERTASI)
DISERTASI STAD EVA ISTAPRA FIX 3 - Eva Istapra.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan Model Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal, intrapersonal, dan linguistik pada anak kelompok B PAUD di Kabupaten Musi Rawas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran yang diawali dengan melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) sampai menemukan siklus yang tepat kemudian dilanjutkan dengan penelitian kuantitatif model quasi experiment menggunakan desain Two Group Pretest Posttest yakni rancangan eksperimen yang dilakukan pada dua kelompok berbeda yang mendapatkan latihan yang berbeda. Subjek dalam penelitian ini adalah guru RA Taqwa dan anak usia dini di RA Taqwa, RA Mal’ab dan TK Dharma Wanita. Pengambilan data menggunakan lembar observasi tentang keterlaksanaan model Cooperative Learning tipe STAD, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan linguistic. Analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Cooperative Learning tipe STAD mampu meningkatkan kecerdasan intrapersonal, interapersonal, dan linguistik anak usia 5–6 tahun dari kriteria Berkembang Sesuai Harapan menjadi kategori Berkembang Sangat Baik dan Penerapan Cooperative Learning tipe STAD efektif meningkatkan kecerdasan jamak anak usia 5–6 tahun dari kategori Berkembang Sesuai Harapan menjadi kategori Berkembang Sangat Baik. Penerapan Model Cooperative Learning tipe STAD sebagai alternatif model pembelajaran dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran pada anak usia dini di Kabupaten Musi Rawas agar anak tidak bosan dengan model pembelajaran yang sudah ada, sebaiknya materi yang diajarkan serta kegiatan pembelajaran dipilih sehingga dapat meningkatkan berbagai kecerdasan yang ada pada anak, serta mampu meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci: Model Cooperative Learning, Student Team Achievement Division, Interpersonal, Intrapersonal, Linguistik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 05:01 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 05:01 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20624 |
Actions (login required)
View Item |