KERJASAMA ORANGTUA DAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA ANAK DIDIK (STUDI KASUS PADA TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR`AN DI KELURAHAN JALAN BARU KECAMATAN CURUP KABUPATEN REJANG LEBONG)

Rahman, Abdul and Sudarwan, Danim and Badeni, Badeni (2023) KERJASAMA ORANGTUA DAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA ANAK DIDIK (STUDI KASUS PADA TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR`AN DI KELURAHAN JALAN BARU KECAMATAN CURUP KABUPATEN REJANG LEBONG). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Disertasi)
Disertasi utuh untuk universitas - abdul rahman (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Kearifan lokal memuat nilai-nilai karakter yang berguna untuk pendidikan anak, dalam menerapkannya diperlukan kerjasama antara orangtua dan pendidik. Tujuan penelitian adalah: 1) menggali nilai-nilai karakter yang termuat dalam kearifan lokal Prasanan dalam Adat Rejang; 2) mendeskripsikan bentuk kerjasama tokoh-tokoh lokal memelihara dan menjalankan nilai-nilai kearifan lokal dalam pendidikan karakter; 3) mendeskripsikan bentuk kegiatan sebagai implementasi nilai-nilai karakter gotong royong pada lembaga pendidikan nonformal. Desain penelitian mengunakan pendekatan kualitatif- case study, Participatory Action Research (PAR). Lokasi penelitian berada di Kelurahan Jalan Baru Kabupaten Rejang Lebong. Waktu penelitian bulan Februari sd Oktober 2022. Subjek dan informan penelitian terdiri dari unsur orangtua, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, guru dan siswa. Informan dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, FGD dan dokumentasi. Data diolah dan dianalisis melalui tahapan koleksi data-reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Temuan penelitian adalah: 1) tradisi Prasanan merupakan kearifan lokal dalam Adat Rejang memuat karakter musyawarah, relegius dan gotong royong, sampai saat ini masih dipelihara dan dipertahankan masyarakat yang tinggal di wilayah Kabupaten Rejang Lebong; 2) nilai-nilai karakter yang ada pada Prasanan telah digunakan masyarakat sebagai media pendidikan nonformal untuk mengisi ruang kosong yang belum terjangkau melalui media pendidikan formal; 3) kearifan lokal Prasanan sebagai contoh bahwa masyarakat memiliki otoritas, kapasitas dan kapabilitas dalam menyelesaikan masalah yang mereka hadapi; 4) nilai-nilai kearifan lokal pada Prasanan terbukti mampu menciptakan keharmonisan, rasa tanggung jawab, dan rasa keadilan pada semua bidang kehidupan masyarakat. Dari temuan penelitian disimpulkan bahwa jika nilai- nilai kearifan lokal pada masyarakat setempat dipelihara dan dijalankan, maka akan mampu mendatangkan kenyamanan dan keharmonisan dalam kehidupan masyarakat setempat. Kata Kunci: Kearifan Lokal, Prasanan, Karakter Musyawarah dan Gotong Royong

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 26 Aug 2024 05:01
Last Modified: 26 Aug 2024 07:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20625

Actions (login required)

View Item View Item