PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF BERMUATAN BUDAYA LOKAL MENGGUNAKAN MODUL UNTUK MENGINTERNALISASI KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR

Khairi, Azizatul and Badeni, Badeni and Eko, Risdianto (2023) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF BERMUATAN BUDAYA LOKAL MENGGUNAKAN MODUL UNTUK MENGINTERNALISASI KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (DISERTASI)
PERPUSTAKAAN PUSAT - Azizatul Khairi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran tematik integratif untuk guru dan siswa sekolah dasar. Selain itu penelitian ini juga bertujuan menghasilkan rancangan modul pembelajaran tematik integratif bermuatan budaya lokal untuk menginternalisasi karakter siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas IV di Kota Bengkulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan valid dan reliabel. Selanjutnya berdasarkan hasil lembar pengamatan karakter terdapat peningkatan internalisasi karakter. Hasil penelitian menyatakan bahwa, 1) model dan modul pembelajaran ini dibutuhkan oleh guru maupun siswa, 2) melalui penelitian ini dihasilkan panduan model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru, 3) tingkat kelayakan model dan modul dikategorikan sangat layak dan 4) model dan modul yang dikembangkan dikategorikan cukup efektif. Novelty dari penelitian ini yaitu terciptanya model pembelajaran tematik integratif bermuatan budaya lokal dan modul tematik dengan tema Tabot sebagai warisan budaya, yang belum ditemukan pada penelitian sebelumnya. Penelitian ini memberi kontribusi bagi praktisi pendidikan agar berinovasi dalam melaksanakan pembelajaran tematik integratif pada tingkat sekolah dasar. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Modul Pembelajaran, Tematik Integratif, Budaya Lokal, Siswa Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 26 Aug 2024 05:01
Last Modified: 26 Aug 2024 05:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20627

Actions (login required)

View Item View Item