ANALISIS PENERAPAN KEBIJAKAN NEW NORMAL DALAM MENEKAN PERKEMBANGAN KLASTER COVID-19 DI PASAR TRADISIONAL PANORAMA KOTA BENGKULU (Studi Kasus Pasar Panorama Kota Bengkulu )

Rahmi, Siti Laila and Djonet, Santoso and Jatmiko, Yogopriyatno (2021) ANALISIS PENERAPAN KEBIJAKAN NEW NORMAL DALAM MENEKAN PERKEMBANGAN KLASTER COVID-19 DI PASAR TRADISIONAL PANORAMA KOTA BENGKULU (Studi Kasus Pasar Panorama Kota Bengkulu ). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI Siti Laila Rahmi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penyebaran virus Covid-19 yang tidak terkendali di Indonesia membawa banyak pengaruh dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut pemerintah menciptakan kebijakan yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan penyebaran virus Covid-19. Salah satu kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah adalah kebijakan new normal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan kebijakan new normal di Pasar Panorama Kota Bengkulu. Untuk menganalisis peneliti menggunakan teori implementasi kebijakan dimana terdapat tiga aktivitas yaitu organisasi, interpretasi dan aplikasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan new normal normal di Pasar Panorama Kota Bengkulu belum berjalan optimal. Pertama, ditinjau pada aspek organisasi dalam pelaksanaannya sudah sesuai sebagaimana mestinya dimana organisasi yang ditetapkan yaitu satgas penanganan Covid-19 berjalan dengan baik dalam merealisasikan kebijakan new normal. Pada aspek interpretasi tidak berjalan baik. Dapat dilihat bahwasanya dari segi pemahaman masyarakat memahami tetapi mereka tidak menerima dengan baik kebijakan tersebut sehingga mempengaruhi mereka dalam bersikap sebagai respon dari kebijakan new normal. Terakhir, pada aspek aplikasi juga tidak berjalan optimal. Hal ini dapat dilihat dalam pelaksanaannya masyarakat sebagai target sasaran tidak menerapkan kebijakan new normal dalam melakukan aktivitas sehari-hari yang merupakan tujuan dari pelaksanaan kebijakan new normal di Pasar Panorama Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 26 Aug 2024 04:52
Last Modified: 26 Aug 2024 04:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20629

Actions (login required)

View Item View Item