MEREDUKSI KECANDUAN GAME ONLINE MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT TERHADAP SISWA KELAS VII SMP 11 KOTA BENGKULU

Kurnia, Yayang and Sri, Saparahayuningsih and Anni, Suprapti (2023) MEREDUKSI KECANDUAN GAME ONLINE MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT TERHADAP SISWA KELAS VII SMP 11 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Bimbingan dan Konseling_Yayang Kurnia_A1L019035_compressed - Yayang Kurnia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik behavior contract dalam mereduksi kecanduan game online siswa kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Penelitian dibatasi pada jenis game online Multliplayer Online Battle Arena (MOBA). Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif metode eksperimen one-group pretest-postest. Subjek penelitian berjumlah 7 orang siswa. Teknik pengambilan data menggunakan angket kecanduan game online. Analisis data menggunakan statistic dengan Uji-t. Hasil penelitian ini menunjukan rata-rata tingkat kecanduan game online pada siswa sebelum diberikan perlakuan berada pada kategori sangat tinggi, setelah diberikan perlakuan tingkat kecanduan pada siswa berada pada kategori rendah. Penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik behavior contract dalam mereduksi kecanduan game online pada siswa kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil panelitian disarankan kepada guru bimbingan dan konseling untuk dapat menggunakan layanan konseling kelompok dengan teknik behavior contract dalam mereduksi kecanduan game online pada siswa. Kata Kunci : Kecanduan game online, Konseling kelompok, Teknik Behavior contract (Kontrak Perilaku)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:35
Last Modified: 26 Aug 2024 07:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20633

Actions (login required)

View Item View Item