Nugroho, Achmad Fadhel and I Wayan, Dharmayana and Arsyadani, Mishbahuddin (2023) PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN ETIKA KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP PERILAKU PHUBBING SISWA SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
Final Skripsi Achnad fadhel n - achmad fadhel.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan penguasaan konten etika komunikasi interpersonal terhadap perilaku phubbing siswa kelas SMPN 18 Kota Bengkulu. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one-grup pre-test and post-test design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX.8 yang berjumlah 30 orang. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling berdasarkan arahan dari Guru Bimbingan dan Konseling di sekolah tersebut. Data yang diperoleh dari kuesioner perilaku phubbing dengan menggunakan skala Likert. Hasil perhitungan rata-rata skor perilaku phubbing siswa sebelum diberikan treatment adalah 119,9 dan mengalami penurunan setelah diberikan treatment dengan skor rata-rata 52,5. Ini menunjukkan adanya penurunan perilaku phubbing setelah diberikan layanan penguasaan konten etika komunikasi interpersonal. Hasil uji hipotesis memperoleh penurunan tersebut dengan nilai t = -13,868 (P < 0,05). Ini berarti ada pengaruh layanan penguasaan konten etika komunikasi interpersonal terhadap perilaku phubbing siswa. Perilaku phubbing siswa cenderung menurun setelah diberikannya treatment. Kata kunci : perilaku phubbing, layanan penguasaan konten.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 07:35 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 07:35 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20635 |
Actions (login required)
View Item |