PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN INFORMASI UNTUK MENCEGAH PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA SMA NEGERI 04 KAUR

Nopen, Pikri and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Rita, Sinthia (2023) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN INFORMASI UNTUK MENCEGAH PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA SMA NEGERI 04 KAUR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
skripsi akhir pikri ganteng - pikri Nopen.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemberian layanan informasi untuk mencegah prokrastinasi akademik pada siswa SMA Negeri 04 Kaur dan dilatarbelakangi oleh observasi peneliti serta wawancara bersama guru bimbingan dan konseling di SMA Negeri 04 Kaur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah one-group pre-test and post-test design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 yang berjumlah 32 orang. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data didapatkan dari kuesioner prokrastinasi akademik dengan skala Likert. Hasil perhitungan rata-rata skor tingkat prokrastinasi akademik pada siswa sebelum diberikan layanan informasi adalah 114 dan mengalami penurunan setelah diberikan layanan informasi dengan skor rata-rata 85. Hasil uji hipotesis dengan uji t adalah 8,629 dengan nilai sig.(2- tailed) adalah 0.000 sehingga nilai sig.(2-tailed) < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pemberian layanan informasi untuk mencegah prokrastinasi akademik pada siswa. Kata kunci :Prokrastinasi akademik, layanan informasi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:35
Last Modified: 26 Aug 2024 07:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20637

Actions (login required)

View Item View Item