PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK MODELING SYMBOLIC TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII C DI SMPN 20 KOTA BENGKULU

Alpionika, Anggia and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Rita, Sinthia (2023) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK MODELING SYMBOLIC TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII C DI SMPN 20 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI ANGGIA ALPIONIKAA. - Anggia Alpionika.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan sosial pada siswa selama proses pembelajaran di sekolah, tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh teknik Modelling Symbolic untuk meningkatkan keterampilan sosial pada siswa di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen one group pretest-posttest design dengan populasi 20 orang siswa kelas VIII C SMP Negeri 20 Kota Bengkulu dan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga didapatkan 6 orang siswa menjadi sampel. Teknik pengumpulan data keterampilan sosial menggunakan kuesioner sosial model skala Likert. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t (paired sample t-test) yang menunjukkan nilai t= -11,9 (p< 0,05). Artinya terdapat pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik modellling symbolic, secara signifikan meningkatkan keterampilan sosial siswa. Kata kunci: keterampilan sosial, konseling kelompok, teknik modelling symbolic

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 26 Aug 2024 08:03
Last Modified: 26 Aug 2024 08:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20640

Actions (login required)

View Item View Item