ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH DI DESA PADANG PERI KECAMATAN SEMIDANG ALAS MARAS KABUPATEN SELUMA PROVINSI BENGKULU

Novia, Sulisti and Izharuddin, Izharuddin and Handoko, Hadiyanto (2024) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH DI DESA PADANG PERI KECAMATAN SEMIDANG ALAS MARAS KABUPATEN SELUMA PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
sekripsi novia sulisti (C1A019015) (1)_compressed - Novia Sulisti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (856kB)

Abstract

Rendahnya produksi padi sawah di Desa padang peri disebabkan oleh terbatasnya penggunaan faktor-faktor produksi yang dimiliki oleh petani, antara lain biaya produksi, modal, Luas Lahan. Sehingga dapat berpengaruh terhadap pendapatan petani padi di desa padng peri. Sehingga, untuk mendapatkan penambahan pendapatan yang besar harus diikuti dengan produksi dalam melakukan produksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar pendapatan petani, pengaruh faktor-faktor terhadap pendapatan petani dan faktor yang paling berpengaruh terhadap pendapatan petani padi sawah di Desa padang peri. Jumlah populasi dalam penelitian yaitu sebanyak 194 jiwa, dan jumlah sampel sebanyak 40 responden petani padi sawah. Dengan teknik pengolahan data menggunakan analisis linear berganda dalam bentuk logaritma fungsi cobb douglass. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata penerimaan yang diterima petani padi sawah di Desa padang peri. hektar per sekali panen sebesar Rp 8.642.450. Secara simultan (Uji F) nilai uji F sebesar 5.616. dengan nilai signifikan .003 b . Variabel luas lahan (X1) biaya produksi (X2) modal (X3) berpengaruh signifikan dan berhubungan positif terhadap tingkat pendapatan petani padi sawah di Desa padang peri Kecamatan semidang alas maras Kabupaten seluma. Secara parsial (Uji t) faktor yang paling berpengaruh terhadap pendapatan petani padi sawah yaitu variabel luas lahan (X1) dengan nilai t hitung sebesar 7453.915 nilai signifikan .018. luas lahan faktor-faktor yang paling berpengaruh terhadap pendapatan petani padi sawah di Desa padang peri Kecamatan semidang alas maras Kabupaten seluma. Artinya variabael luas lahan berpengaruh signifikan terhdap pendapatan petani. Modal berdasarkan analisis uji t variabel modal di peroleh t hitung sebesar .1.759 dengan nilai signifikan .087. nilai signifikan berada di atas 5% yang berarti tidak signifikan. Tidak berpengaruhnya modal terhadap pendapatan petani padi sawah disebabkan oleh tanaman padi tidak membutuhkan modal yang berlebihan, sehingga modal tidak berpengaruh terhadap pendapatan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 26 Aug 2024 08:26
Last Modified: 26 Aug 2024 08:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20658

Actions (login required)

View Item View Item