ANALISIS PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM PEMBAYARAN E-WALLET (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Bengkulu)

Desi, Novayanti Rajagukguk and Bambang, Agoes Hermanto and Handoko, Hadiyanto (2024) ANALISIS PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM PEMBAYARAN E-WALLET (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
skripsi Desi Novayanti Rajagukguk (C1A019021) - Desi Novayanti Rajagukguk.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini berpengaruh terhadap kehidupan bahkan aktivitas sehari-hari karena dengan adanya teknologi yang semakin canggih mempermudah segalanya. Teknologi informasi telah masuk dalam layanan jasa keuangan (financial technology). Salah satu inovasi vintage yang sedang berkembang di Indonesia adalah sistem pembayaran e-wallet. Dolmpelt digital (El-wallelt) selbagai meldia pelmbayaran olnlinel yang mana pelmakaiannya mellalui smartpholnel hingga saat mellakukan transaksi tidak melmbutuhkan uang tunai, jumlah olrang yang melnggunakan Fintelch ini telrus melningkat khususnya dikalangan anak muda atau Mahasiswa.Mahasiswa melrupakan bagian dari masyarakat belrhubungan elrat pada masalah aksels infolrmasi dan dunia intelrnelt, tidak hanya karelna tuntutan akadelmik yang melmaksa mahasiswa untuk sellalu melncari infolrmasi telrkini, akan teltapi ada juga karelna belrbagai kelbutuhan selbagai masyarakat di elra digital. Selpelrti selkarang ini lingkungan mahasiswa yang sangat mudah telrpelngaruh ollelh trelnd gaya hidup atau melngikuti fashioln olrang barat. Pelrmasalahan pelnelitian dapat dirumuskan selbagai belrikut: Bagaimana pelrilaku kolnsumsi mahasiswa delngan melnggunakan sistelm pelmbayaran El-wallelt di Univelrsitas Belngkulu? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perilaku konsumsi mahasiswa dengan menggunakan sistem pembayaran E-walle. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik analisis statistik deskriptif. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner dengan menggunakan Google from, dan berhasil diperoleh sebanyak 100 responden yang dipilih menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa Universitas Bengkulu dominan menggunakan sistem pembayaran E-wallet. Jenis E-wallet yang paling banyak digunakan adalah aplikasi Dana. Hasil kajian menunjukan bahwa perilaku konsumsi mahasiswa berlebihan sehingga mengarah ke perilaku konsumtif yang mana banyak mahasiswa yang mengikuti trend, menunjang penampilan, tanpa mempertimbangan manfaat dari barang yang dibeli dan membeli barang dengan harga mahal hanya karena mengidolakan modelnya selhingga dapat melngalami pelmbolrolsan. :

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 26 Aug 2024 08:39
Last Modified: 26 Aug 2024 08:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20663

Actions (login required)

View Item View Item