PENGARUH PDRB PER KAPITA, PENGELUARAN KESEHATAN, PENGELUARAN PERLINDUNGAN SOSIAL DAN IPM TERHADAP KEMISKINAN DI PROVINSI SUMATERA SELATAN TAHUN 2015-2021

Elvinda, Rosa and Merri, Anitasari and Barika, Barika (2024) PENGARUH PDRB PER KAPITA, PENGELUARAN KESEHATAN, PENGELUARAN PERLINDUNGAN SOSIAL DAN IPM TERHADAP KEMISKINAN DI PROVINSI SUMATERA SELATAN TAHUN 2015-2021. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI ELVINDA ROSA C1A019088 - Elvinda Rosa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Kemiskinan merupakan kondisi ketidakmampuan seseorang dalam memenuhi kebutuhan dasar hidupnya. Provinsi Sumatera Selatan merupakan provinsi dengan tingkat kemiskinan yang relatif masih tinggi. Namun, jika dilihat dari PDRB per kapita yang dimiliki, Provinsi Sumatera Selatan memiliki PDRB per kapita yang tertinggi. Sedangkan pada pengeluaran kesehatan dan pengeluaran perlindungan sosial mengalami fluktuasi setiap tahun. Adapun pada kesejahteraan masyarakat yang dilihat melalui IPM terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PDRB per kapita, pengeluaran kesehatan, pengeluaran perlindungan sosial dan indeks pembangunan manusia terhadap kemiskinan kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Selatan tahun 2015-2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan yaitu data sekunder. Metode analisis regresi data panel digunakan untuk melihat pengaruh PDRB per kapita, pengeluaran kesehatan, pengeluaran perlindungan sosial dan IPM terhadap kemiskinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PDRB per kapita dan indeks pembangunan manusia memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap tingkat kemiskinan. Sedangkan, pengeluaran kesehatan dan pengeluaran perlindungan sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap kemiskinan pada kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2015-2021. Saran yang diberikan pada penelitian ini adalah pemerintah dapat lebih menggerakkan sektor-sektor perekonomian yang dapat meningkatkan produktivitas output wilayah untuk dapat meningkatkan PDRB. Selain itu, pemerintah hendaknya mampu terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan dan kesehatan untuk dapat mengurangi tingkat kemiskinan di Provinsi Sumatera Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 26 Aug 2024 08:53
Last Modified: 26 Aug 2024 08:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20667

Actions (login required)

View Item View Item