KESANTUNAN BERBAHASA SISWA DALAM BERDISKUSI PADA KELAS X SMK NEGERI 01 KOTA BENGKULU

Jessy, Mayang Sari and Irma, Diani and Dian Eka Chandra, Wardhana (2024) KESANTUNAN BERBAHASA SISWA DALAM BERDISKUSI PADA KELAS X SMK NEGERI 01 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI JEMAY FIX[1] (1) - Jessy mayang Sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan siswa menggunakan tuturan dalam upaya menjaga kesantunan berbahasa selama berdiskusi dengan merujuk pada strategi kesantunan dalam teori Brownd & Levinson. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang didasari oleh fakta yang ada dalam suatu fenomena, kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, teknik catat, dan rekaman. Data yang digunakan dalam penelitian ini tuturan yang mengandung kesantunan dalam berdiskusi siswa dan guru. Jumlah siswa terdiri 36 siswa serta sumber data dalam penelitian ini adalah hasil remakaman berupa tuturan siswa pada saat berdiskusi. Adapun analisis data yang di gunakan ialah transkripsi data, mengkode data, mengidentifikasi serta klasifikasi data. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Kota Bengkulu, data penelitian ini adalah tuturan yang megandung kesantunan siswa ketika berdiskusi. Temuan peneltian mengenai kesantunan berbahasa dalam diskusi pada kelas x SMK Negeri 1 Kota Bengkulu 69 tuturan kesantunan berbahsa siswa dan guru bedasarkan strategi Brown and Levinson, pada strategi kesantunan positif 4 sub�strategi yang digunakan meliputi: berusaha melibatkan lawan tutur dan penutur dalam kegiatan tertentu, apa yang sedang di butuhkan oleh mitra tutur, melibatkan mitra tutur ke dalam aktivitas penutur. Strategi negatif hanya 1 sub-strategi yang digunakan yaitu: menyatakan rasa kurang hormat. Strategi langsung digunakan hanya 1 yaitu: penutur merasa menunjukkan rasa senang terhadap penutur. Strategi tidak langsung yang digunakan 2 sub-strategi meliputi: memberi petunjuk dan tanpa menyebutkan dan lawan tutur. Temuan penelitian ini di dasarkan dengan teori Brownd & Levinson.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:32
Last Modified: 27 Aug 2024 02:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20669

Actions (login required)

View Item View Item