KESANTUNAN BERBAHASA DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 8 SMP IT IQRA KOTA BENGKULU

Silvia, Sartika Sari and Suryadi, Suryadi and Supadi, Supadi (2024) KESANTUNAN BERBAHASA DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 8 SMP IT IQRA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI SILVIA SARTIKA SARI A1A019056 - Silvia Sartika Sari.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud kesantunan berbahasa siswa dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas 8 SMP IT Iqra Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi teknik rekam dan teknik catat. Langkah-langkah analisis data dilakukan dengan tahapan : (1) transkripsi data; (2) pengkodean data; (3) pengidentifikasian data; (4) pengklasifikasian data; (5) penginterpretasian data; dan (6) penyimpulan data. Berdasarkan hasil penelitian wujud tuturan kesantunan siswa yakni meliputi 19 maksim kebijaksanaan, 2 maksim kedermawanan, 1 maksim pujian, 1 maksim kerendahan hati, 6 maksim kesepakatan dan 3 maksim kesimpatian. Penggunaan konteks tuturan maksim kesantunan berbahasa yang lebih dominan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas 8 SMP IT Iqra Kota Bengkulu adalah maksim kebijaksanaan dan maksim kesepakatan. Maksim kebijaksanaan dan maksim kesepakatan lebih banyak ditemukan dikarenakan banyak bentuk tuturan yang sama. Sedangkan maksim pujian dan kerendahan hati paling sedikit.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:32
Last Modified: 27 Aug 2024 02:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20672

Actions (login required)

View Item View Item