PENGARUH PENYERAPAN TENAGA KERJA DI SEKTOR PERTANIAN, INDUSTRI DAN JASA TERHADAP KEMISKINAN DI PROVINSI SUMATERA SELATAN TAHUN 2013 – 2022

Sindy, Rahmasari and Barika, Barika and Lela, Rospida (2024) PENGARUH PENYERAPAN TENAGA KERJA DI SEKTOR PERTANIAN, INDUSTRI DAN JASA TERHADAP KEMISKINAN DI PROVINSI SUMATERA SELATAN TAHUN 2013 – 2022. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI SINDY RAHMASARI C1A018025 - Sindy Rahmasari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Provinsi Sumatera Selatan memiliki permasalahan dengan persentase kemiskinan tertinggi ke-empat dengan penyerapan tenaga kerja terbesar ketiga di Pulau Sumatera. Apabila dibandingkan dengan Provinsi termiskin yaitu Aceh, namun penyerapan tenaga kerjanya rendah, begitupun dengan Provinsi Sumatera Utara bahwa penyerapan tenaga kerjanya yang tinggi namun persentase kemiskinannya rendah. Oleh sebab itu Provinsi Sumatera Selatan memiliki permasalahan pada penyerapan tenaga kerja yang tinggi namun persentase kemiskinannya juga tinggi. Persoalan yang terjadi bahwa Provinsi Sumatera Selatan mengalami peningkatan penyerapan tenaga kerjanya namun pada persentase kemiskinan juga mengalami peningkatan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa pengaruh penyerapan tenaga kerja di sektor pertanian, industri, jasa terhadap kemiskinan pada Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Selatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah dari publikasi resmi pemerintah yaitu dari Badan Pusat Statistik Republik Indonesia. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah model regresi data panel dan model terbaik yang dipilih adalah Random Effect Model. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder dari sumber resmi dengan periode waktu 2013-2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel penyerapan tenaga kerja disektor pertanian negatif dan tidak signifikan bahwa tidak memiliki pengaruh terhadap kemiskinan. Secara simultan variabel penyerapan tenaga kerja disektor industri dan jasa negatif dan signifikan bahwa memiliki pengaruh terhadap penurunan kemiskinan di Provinsi Sumatera Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Development Economics
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 26 Aug 2024 09:13
Last Modified: 26 Aug 2024 09:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20673

Actions (login required)

View Item View Item