PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN PENDEKATAN PEDAGOGI GENRE PADA MATERI CERITA FANTASI

Elfani, Intan Tri and Padi, Utomo and Agus, Trianto (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN PENDEKATAN PEDAGOGI GENRE PADA MATERI CERITA FANTASI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
INTAN TRI ELFANI_A1A019007_SKRIPSI S1 PBI - Intan Tri Elfani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis multimedia dengan pendekatan pedagogi genre pada materi cerita fantasi, mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia dengan pendekatan pedagogi genre pada materi cerita fantasi, dan mengetahui kepraktisan media pembelajaran berbasis multimedia dengan pendekatan pedagogi genre pada materi cerita fantasi. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE: Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif yang berupa data proses pengembangan media, hasil validasi dari para validator, serta hasil dari penilaian siswa yang menghasilkan data kepraktisan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia perlu dikembangkan untuk penyempurnaan media yang sudah pernah digunakan sebelumnya, desain produk dilakukan dengan merumuskan materi pembelajaran, pembuatan flowchart hingga storyboard. Produk yang dikembangkan telah memenuhi kelayakan untuk digunakan sebagai media pembelajaran berbasis multimedia setelah dilakukannya implementasi. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh skor sebesar 4 dengan kategori valid. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor sebesar 4,6 dengan kategori sangat valid. Ketika produk diimplementasikan, siswa memberikan respon yang positif sehingga hasil dari respon siswa terhadap media yang dikembangkan mendapatkan presentase skor sebesar 85,3% atau dikategorikan sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia dengan pendekatan pedagogi genre pada materi cerita fantasi layak digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Multimedia, Pedagogi Genre, Cerita Fantasi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 27 Aug 2024 03:12
Last Modified: 27 Aug 2024 03:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20689

Actions (login required)

View Item View Item