DIGITALISASI BUKU TEKS BAHASA INDONESIA MATERI TEKS ULASAN KELAS VIII SMP

Tania, Ise and Gumono, Gumono and Agus, Joko Purwadi (2023) DIGITALISASI BUKU TEKS BAHASA INDONESIA MATERI TEKS ULASAN KELAS VIII SMP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
ISE TANIA_A1A01906_FKIP BAHASA INDONESIA_SKRIPSI - Ise Tania.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan buku digital (e-book) Bahasa Indonesia materi teks ulasan kelas VIII SMP, mengetahui pengembangan buku digital (e-book) Bahasa Indonesia materi teks ulasan kelas VIII SMP, mengetahui Kelayakan buku digital (e-book) Bahasa Indonesia materi teks ulasan kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan Research and Development atau R&D, dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, angket, dengan instrumen penelitiannya yaitu Lembar wawancara, Lembar analisis kebutuhan, Lembar validasi ahli, Lembar uji kelayakan produk. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu dengan subjek penelitian yaitu 32 siswa kelas VIII untuk uji coba produk. Teknik analisis data pada penelitian yaitu deskriptif kuantitatif. Adapun hasil dari penelitian yaitu; (1) analisis kebutuhan menyatakan bahwa peserta didik membutuhkan buku elektronik sebagai bahan ajar alternatif yang efektif dan efisien dalam penggunaanya sesuai dengan kebutuhan peserta didik, (2) Pengembangan e-book melalui tahapan perancangan komponen bahan ajar, membuat e-book pada aplikasi canva, melakukan validasi oleh ahli media dan ahli materi hasil uji efektivitas penggunaan e-book oleh peserta didik dalam kelompok kecil berjumlah 14 siswa memperoleh penilaian sebesar 80,15% berada pada kategori baik, Hasil uji validasi produk yang diperoleh dari validasi ahli pada e-book teks ulasan memperoleh persentase keseluruhan dari aspek media sebesar 91,6%, dan aspek materi sebesar 91,1% dengan kategori sangat layak, (3) Kelayakan penggunaan e-book oleh peserta didik berjumlah 32 siswa memperoleh penilaian yang berada pada kategori sangat layak atau sangat baik dengan persentase rata-rata sebesar 87,67%. Kata Kunci: Pengembangan, model ADDIE, e-book, teks ulasan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 27 Aug 2024 03:12
Last Modified: 27 Aug 2024 03:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20690

Actions (login required)

View Item View Item