PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENULIS TEKS PUISI DENGAN METODE SUGIMA (SUGESTI-IMAJINASI) PADA KELAS X SMAN 6 KOTA BENGKULU

Puspitasari, Mely and Ria, Ariesta and Agus, Joko Purwadi (2023) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENULIS TEKS PUISI DENGAN METODE SUGIMA (SUGESTI-IMAJINASI) PADA KELAS X SMAN 6 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
Mely Puspitasari_A1A019011_Skripsi-1 - Mely Puspitasari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahu Perbedaan Hasil Belajar Siswa dalam Menulis Teks Puisi dengan Metode Sugima (Sugesti-Imajinasi) pada Kelas X Sman 6 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen sederhana (Posttest Only Control Group Design). Penelitian ini memilih 2 kelompok yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan diberikan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA di SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling purposive yang berjumlah 68 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa posttest untuk mengukur kemampuan menulis puisi dengan tema ayah. Aspek yang dinilai dalam penulisan puisi siswa adalah ketepatan isi dengan judul, diksi, gaya bahasa, rima dan irama dan amanat. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan rumus Kolmogorov-Smirnov. Hasil penelitian ini bahwa yang pertama penerapan pembelajaran dalam menulis puisi dengan metode sugima (sugesti-imajinasi). kedua kemampuan menulis puisi siswa tidak menggunakan metode sugima (sugesti-imajinasi) berkategori tinggi dengan nilai rata-rata siswa 77,24. ketiga kemampuan menulis puisi siswa tidak menggunakan metode sugima (sugesti-imajinasi) berkategori tinggi dengan nilai rata-rata siswa 82,53. keempat terdapat perbedaan kemampuan menulis puisi siswa berdasarkan hasil uji-t dari pengujian hipotesis tersebut maka diperoleh nilai thitung (6.036) > ttabel (2.0345) yang berada pada daerah penolakan H0. Terdapat adanya perbedaan dalam menulis puisi menggunakan metode sugima (sugesti-imajinasi) dengan menulis puisi tidak menggunakan metode sugima (sugesti-imajinasi). Kata Kunci: hasil menulis, puisi, sugima (sugesti-imajinasi)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 27 Aug 2024 03:12
Last Modified: 27 Aug 2024 03:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20695

Actions (login required)

View Item View Item