Mulyani, Salamah Dwi and Arono, Arono and Rio, Kurniawan (2023) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 MUKOMUKO. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (SKRIPSI)
SKRIPSI_Salamah Dwi Mulyani_FIX - Salamah Dwi Mulyani.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis teks berita dilihat dari aspek pendahuluan, inti pembelajaran, dan penutup. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu untuk mendapatkan gambaran pelaksanaan pembelajaran menulis teks berita. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 12 Mukomuko. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 12 Mukomuko yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan pembelajaran guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif menggunakan model Miles dan Huberman yaitu, mengumpulkan data, mengelompokan data, menganalisis data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini secara umum menunjukan bahwa kegiatan pelaksanaan pembelajaran menulis teks berita sudah dilaksanakan dengan tiga tahapan yaitu pendahuluan, inti pembelajaran, dan penutup. Hasil penelitian secara khusus menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis teks berita siswa kelas VIII sudah dilaksanakan dengan tiga tahapan: pertama kegiatan pendahuluan, guru mengucapkan salam, berdoa bersama, melakukan presensi, tanya jawab terkait materi teks berita, menyampaikan materi yang akan dibahas yaitu menulis teks berita. Kedua, kegiatan inti pembelajaran guru mengajak siswa memahami materi unsur-unsur teks berita, struktur dan kaidah kebahasaan teks berita, cara meringkas dan menulis teks berita, guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran guru menggunakan model problem based learning adapun tahapan yang belum dilaksanakan dalam model pembelajaran problem based learning yaitu pada tahap orientasi siswa pada masalah guru belum menyampaikan tujuan pembelajaran, pada tahap membimbing pengalaman individual kelompok siswa belum berdiskusi dengan baik karena keterbatasan waktu, guru juga belum menggunakan sumber informasi lain dalam kegiatan pembelajaran. Guru juga menggunakan model project based learning dalam kegiatan pembelajaran yaitu guru memberikan tugas kepada siswa untuk menulis teks berita dan mengumpulkan hasil tulisan siswa. Guru mengajar belum sesuai dengan pedoman RPP karena di dalam RPP tidak terdapat model pembelajaran project based learning. Guru juga menggunakan pendekatan saintifik. Ketiga, kegiatan penutup guru memberikan tugas dan mengucapkan salam. Kata Kunci: Pelaksanaan Pembelajaran, Menulis, Teks Berita.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 03:50 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 03:50 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/20710 |
Actions (login required)
View Item |